PDAM Bangli Siapkan Seribu Paket Sembako | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 19 September 2020
Diposting : 17 April 2020 00:22
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ Dewa Retno Suparso Mesi.
 Balitribune.co.id | Bangli - Perusahan Daerah air Minum (PDAM) Bangli menyiapkan seribu paket sembako. Rencananya paket sembako akan dibagikan kepada masyarakat yang masuk kategori keluarga pra sejahtera (Pra KS) di wilayah sumber mata air yang selama ini dimanfaatkan oleh pihak PDAM. Sementara untuk menggratiskan tagihan rekening air kepada pelanggan belum bisa dilaksanakan oleh pihak PDAM.
 
Direktur PDAM Bangli I Dewa Retno Suparso Mesi, Kamis (16/4), mengatakan pandemi virus corona (Covid-19) mengakibatkan terganggunya perekonomian warga. Kondisi ini sangat dirasakan oleh masyarakat khususnya yang tergolong Pra KS. Sebagai bentuk kepedulian, maka pihaknya akan memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya  Pra KS di wilayah sumber mata air yang selama ini dimanfaatkan oleh perusahan.
 
Pendataan warga Pra KS pihaknya bekerja sama dengan perangkat desa setempat, karena mereka yang tahu  terkait kondisi warganya. Untuk satu paket sembako berisikan beras 5 kilogram, minyak 1 liter, 10 butir telur dan 5 bungkus mie instant. Peruntukanya khusus bagi warga Pra KS tinggal di sekitar sumber mata air, jumlah sumber mata air yang dimanfaatkan PDAM sebanyak 24 sumber yang tersebar di empat kecamatan. Diplihnya warga Pra KS di wilayah sumber mata air, karena selama ini mereka ikut serta dalam menjaga keberadaan sumber mata air.
 
Disinggung terkait program menggratiskan tagihan rekening kepada pelanggan pasca pandemic corona seperti yang dilakukan daerah lain  pihaknya belum bisa melakukan langkah seperti itu, karena besarnya biaya operasional dan perawatan serta beban subsidi yang harus ditanggung PDAM. Selain itu jika melihat klasifikasi pelanggan hampir 80 persen pelanggan masuk kategori rumah tangga. Besarnya biaya operasional karena kondisi wilayah dan penyebaran penduduk tidak merata serta hampir 58 persen untuk produksi air mempergunakan tenaga listrik. Kondisi keuangan perusahan diperparah lagi karena  kurang disiplinnya masyarakat pelanggan memenuhi kewajiban membayar tagihan rekening setiap bulannya.
 
Selain bagi-bagi sembako, PDAM Bangli juga telah memasang beberapa tempat cuci tangan di beberpa titik fasiltas umum.