PDAM Denpasar Mulai Garap Reservoir Serangan | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 24 September 2020
Diposting : 21 January 2020 23:36
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/ RESERVOIR - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sewakadarma mulai mengerjakan pembangunan reservoir di kawasan Kelurahan Serangan Denpasar.
balitribune.co.id | Denpasar - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sewakadarma mulai mengerjakan reservoir (penampungan air) di Kelurahan Serangan Denpasar. Diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasokan air bagi 700 pelanggan.
 
Pembangunan reservoir ini dilakukan di lahan bekas kantor Lurah Serangan. Dan mulai dikerjakan dikerjakan sejak 18 Desember 2019 lalu dan direncanakan selesai pada 15 Mei 2020 mendatang.
 
Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma IB Arsana didampingi, Direktur Umum, Ni Luh Putu Sri Utami, dam Direktur Teknik, I Putu Yasa saat meninjau lokasi reservoir, Selasa (21/1), mengatakan tahun 2020 ini pihaknya membangun dua reservoir yakni di Kelurahan Serangan dan di Kawasan Jalan Rsi Muka, Monang-maning.
 
Di Kelurahan Serangan, pihaknya mengatakan khusus dibuat untuk menambah pendistribusian kepada 700 pelanggan. Karena saat ini, kapasitas penduduk semakin bertambah dan perkembangan pariwisata semakin meningkat sehingga perlu adanya penambahan kapasitas. 
 
Reservoir yang dibuat saat ini dengan kapasitas 300 meterkubik. Arsana mengatakan, saat ini baru dibangun di kawasan Serangan di lahan eks kantor Lurah Serangan dengan luas sekitar 5 are. Namun pembangunan saat ini kata dia baru tahap pertama yakni pembuatan reservoir dengan ukuran 9x13 meter dan tinggi 4 meter.
 
"Saat ini masih baru pengerjaan tahap pertama yakni reservoir, rumah pomoa, dan perpipaan dengan anggaran Rp 2,4 miliar. Sisanya akan dianggarkan tahun 2020 ini sebesar Rp 2 miliar untuk pembuatan rumah jaga, tembok panyengker, mesin pompa," jelasnya. 
 
Selain di Serangan, untuk di Perumnas, Jalan Rsi Muka, Monang-maning juga akan mulai di bangun di tanah seluas 10 are dengan kapasitas 900 meterkubik. 
 
"Jadi di tahun 2020 ini kami ada dua reservoir yang kami bangun. Dan akan dilanjutkan ke Padang Sambian yang rencananya akan dibangun di eks SDN 9 Padangsambian dan sudah dibuatkan Detail Engenering Design (DED). Itu semua kami lakukan untuk mempercepat proses pelayanan," imbuhnya. 
 
Dengan adanya tambahan reservoir tersebut, Perumda akan memiliki 5 reservoir dari target 15 reservoir untuk melayani masyarakat Kota Denpasar. Tiga lainnya yang sudah beroperasi yakni IPA Blusung dengan kapasitas 1.000 meterkubik, IPa Waribang 5.400 meterkubik, dan reservoir Tonja dengan kapasitas 3400 meterkubik.