Peduli Covid-19 BPR Kertha Warga Bagikan 50 Bingkisan untuk Pekerja Jasa Informal Sekaligus Beri Edukasi & Literasi Keuangan | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 04 Desember 2020
Diposting : 4 July 2020 02:37
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / Direksi dan Komisaris BPR Kertha Warga saat menyerahkan bantuan kepada pekerja jasa informal disertai edukasi serta literasi keuangan di BPR setempat
balitribune.co.id | Tabanan - PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kertha Warga yang berada Jalan Gajah Mada 62, Tabanan, Jumat (3/7) melakukan aksi peduli Covid-19 disertai memberikan edukasi dan literasi keuangan kepada pedagang dan pekerja sektor jasa informal di sekitar Pasar Tabanan. Direktur Utama BPR Kertha Warga, Ida Ayu Julianti menyampaikan, dana yang ditempatkan nasabah di BPR tersebut tetap aman meskipun ditengah pandemi Covid-19. 
 
"Kepada nasabah yang telah mempercayakan untuk menempatkan dananya dan kredit di bank ini kami sampaikan BPR kami ini adalah bank yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)," katanya disela-sela menyerahkan bingkisan berupa keperluan sehari-hari kepada nasabah yang memerlukan dan pedagang serta pekerja sektor jasa informal di sekitar Pasar Tabanan. 
 
Pihaknya pun berulang kali menegaskan kepada nasabah bahwa tidak perlu khawatir terhadap dana yang disimpan di Bank Kertha Warga. "Karena kami benar-benar mencatat dana nasabah dan kami membayar bunga dan melakukan pembayaran premi atas dana yang ditempatkan nasabah," jelas Julianti. 
Ia berharap masyarakat tidak tergiur dengan tawaran investasi dengan iming-iming bunga tinggi. "Penjaminan nasabah di BPR dengan nominal Rp 2 miliar kondisi sekarang dipatok bunga di LPS 8%. Jangan digiurkan dengan investasi bunga tinggi, mohon hati-hati. Jika ingin bertanya kami siap bantu dan bisa verifikasi di OJK terkait keamanan dana nasabah," ucapnya. 
 
Pada kesempatan itu dia menyampaikan terimakasih atas kepercayaan nasabah kepada BPR Kertha Warga. "Kami jamin dana nasabah aman. Kita melaporkan semua nasabah kami ke OJK kepada LPS, selain membayarkan bunga sesuai kesepakatan juga membayarkan premi ke LPS setiap bulan," terang Julianti.
 
Ia menambahkan, ditengah pandemi Covid-19 BPR Kertha Warga juga menunjukkan kepeduliannya terhadap nasabah yang terkena dampak virus tersebut sesuai imbauan pemerintah agar perusahaan melakukan aksi sosial peduli Covid-19. 
 
Pihaknya menyiapkan 50 bingkisan untuk masyarakat yang memerlukan yaitu tukang parkir, tukang bersih-bersih sampah dan pedagang. "Kami menyisihkan sebagian kecil dengan memberikan bingkisan keperluan sehari-hari kepada nasabah," katanya. 
 
Selanjutnya Julianti mengatakan terkait edukasi dan literasi keuangan yang dilakukan ini merupakan keharusan setiap satu tahun sekali. Pihaknya juga memberikan relaksasi kepada nasabah yang usahanya terdampak Covid-19. Saat ini sudah puluhan nasabah yang mendapatkan relaksasi kredit. 
 
Sementara itu Pemegang Saham, I Made Artha didampingi Komisaris Utama, Ketut Ayu Harmaeni menyampaikan bahwa bantuan berupa bingkisan yang diberikan sebagai wujud kekeluargaan. Ia pun meminta doa restu agar BPR Kertha Warga menjadi bank yang semakin maju. "Kami mendapatkan direksi yang cukup membanggakan. Kami yakin akan bisa tumbuh lebih besar lagi karena bank kita cukup sehat sesuai penilaian setiap tahun dari OJK dan dijamin LPS. Jika ada masalah uang nasabah aman karena dijamin LPS," ujarnya.