Pelatihan bagi Pelaku UMKM di Bangli | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 29 Februari 2024
Diposting : 14 March 2023 06:39
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune/ PELATIHAN - Kegiatan pelatihan pembuatan kue dan snack di Rumah BUMN Bangli,

Balitribune.co.id | Bangli - Pelatihan pembuatan kue dan snack digelar di Rumah BUMN Bangli pada Senin (13/3/23). Kegiatan pelatihan diikuti pelaku usaha kerajinan maupun fashion. Dengan pelatihan ini diharapakan  pelaku UMKM memiliki multi skill (banyak keahlian).

 Fasilitator Rumah BUMN Bangli Ni Wayan Mardiani mengatakan keberadaan rumah BUMN untuk turut mengembangkan UMKM. Berbagai program dilakukan untuk mendukung para UMKM. Kali ini digelar pelatihan technical skill yang meliputi pelatihan pembuatan kue dan snack. "Pelatihan diikuti pelaku UMKM yang mengeluti bidang kerajinan dan fashion. Peserta dari Bangli dan beberapa UMKM dari Klungkung. Ada sekitar 20 UMKM yang mengikuti pelatihan ini," ungkapnya.

Wayan Mardiani menyebutkan melalui pelatihan pelaku UMKM ini tidak hanya memiliki satu skill tetapi lebih. Pelatihan juga sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi resesi. Ketika satu usaha tidak bisa berjalan, maka bisa dimanfaatkan memanfaatkan skil yang lain. "Mungkin tadinya hanya menggeluti kerajinan nanti bisa berkembang ke usaha makanan," sebutnya.

Untuk saat ini memang fokus pembuatan kue, mengingat kebutuhan kue cukup tinggi. Terutama untuk pekerluan upacara. Kegiatan akan dilaksanakan secara berkelanjutan. "Rumah BUMN juga mendukung untuk kegiatan permodalan berupa dana bergulir. Selain itu juga mendukung untuk kegiatan promosi," jelasnya.

Salah satu peserta, Raka Santhi Harmini mengatakan dengan mengikuti kegiatan ini pihaknya bersama pelaku UMKM lainnya bisa mendapatkan tambahan skill. Ia pun berharap bisa ada lagi kegiatan positif seperti ini. "Kegiatan ini sangat bagus untuk kami para pelaku UMKM. Kegiatan sangat  positif dan berharap bisa dilakukan secara berkelanjutan,” ujarRaka Shanti Harmini.