Pelatihan Pemberdayaan Perempuan Desa Gubug | Bali Tribune
Diposting : 12 May 2021 07:32
Komang Arta Jingga - Bali Tribune
Bali Tribune// HADIR - Ny. Rai Wahyuni Sanjaya hadiri pelatihan dan penyuluhan pemberdayaan perempuan Desa Gubug.
balitribune.co.id | Tabanan  - Ketua TP. PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, menghadiri sekaligus membuka secara langsung kegiatan pelatihan dan penyuluhan pemberdayaan perempuan bagi TP. PKK Desa Gubug di Kantor Perbekel Desa Gubug, Selasa (11/5).
 
Pada kesempatan tersebut, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya didampingi Sekcam Tabanan Sastra Wibawa, serta pengurus TP PKK Kabupaten Tabanan dan Kecamatan Tabanan. Turut hadir Perbekel Desa Gubug beserta jajaran aparat Desa, Babinsa serta Babinkamtibmas Desa Gubug. Sesuai dengan surat Panitia Pelatihan dan penyuluhan pemberdayaan perempuan Desa Gubug, Nomer : 005/01/PNT/2021, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 11-12 Mei 2021 oleh Pemerintah Desa Gubug dan diikuti oleh 50 orang dari Tim Penggerak PKK Desa Gubug yang akan diberikan materi dasar, inti dan materi penunjang pelatihan.
 
Atas ide dan gagasan yang baik ini, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya dalam sambutannya saat itu memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Desa Gubug, terutama Perbekel Desa Gubug. Karena menurutnya, dalam situasi pandemi saat ini betul-betul membuat aktivitas masyarakat berubah, sehingga dengan pelatihan ini para kaum perempuan mampu meningkatkan kapasitasnya, baik bagi diri sendiri maupun keluarga. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terutama kepada Bapak Perbekel karena memberikan porsi atau memberikan kesempatan kepada perempuan untuk menunjukan kapasitas. Bahwa kita itu sebenarnya sangat berperan, terutama dalam pembangunan keluarga, masyarakat, daerah dan juga kepada Negara,” ujarnya.
 
Ia selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan atas nama seluruh perempuan yang ada di Desa Gubug, khususnya TP PKK Desa Gubug, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas diselenggarakannya pelatihan ini. “Pak Perbekel sudah sangat memuliakan perempuan dan sangat mengahargai kita sebagai kaum perempuan. Mudah-mudahan ibu-ibu yang hadir di sini dapat memahami seluruh materi yang ada sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Bapak Perbekel dan seluruh jajaran,” imbuh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.
 
Ia juga berharap agar seluruh peserta bukan hanya mampu memahami tetapi juga nantinya mampu mengimplementasikan dan menunjukan diri bahwa perempuan itu bisa dan sangat penting peranannya di dalam keluarga. “Kalau di keluarga, siapa yang paling berperan kalau bukan para kaum perempuan. Dari kita masak, mengurus anak, mengurus suami, selanjutnya di dalam masyarakat adat perempuan juga yang bergerak. Untuk itu, ayo kita semangat dan tunjukkan bahwa peran perempuan dalam segala hal itu sangatlah penting dan nanti saya juga ikut andil memberikan materi terkait penguatan organisasi PKK,” tegasnya.
 
Perbekel Desa Gubug I Nengah Mawan menyampaikan, pihaknya menggagas kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada seluruh perempuan, khusussnya kader PKK Desa Gubug terkait keberadaan dirinya, emansipasinya, keterlibatannya dalam pembangunan yang ada di Desa Gubug dan mampu meningkatkan pendapatan keluarga. Melalui pelatihan ini ia juga berharap seluruh peserta meningkatkan kapasitasnya sebagai tokoh perempuan dan mersapi seluruh materi yang ada dalam pelatihan. Karena pemberdayaan perempuan merupakan strategi penting agar bisa lebih mampu berkarya secara mandiri, bukan saja untuk Desa Gubug tetapi untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarga masing-masing.
 
Ia menambahkan, sumber dana dari pelatihan ini diambil dari APBDes Desa Gubug. Adapun materi-materi yang akan diberikan mengacu pada standarisasi pelatihan-pelatihan, yang terdiri dari materi dasar terkait dengan kebijakan pengembangan dan pembangunan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Tabanan, materi inti terkait dengan penguatan kapasitas organisasi PKK dan materi penunjang.

Hukum & Kriminal

Terpopuler