Pelatihan Penyidikan Kasus | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 20 April 2016 14:13
Ketut Sugiana - Bali Tribune
LATIH - Kapolres AKBP FX Arendra Wahyudi latih 18 personel bidang penyidikan.

Semarapura, Bali Tribune

Kepolisian Resort Klungkung menggelar pelatihan penyidikan kasus, untuk mengasah serta meningkatkan kemampuan bagi anggota Reskrim Polres dan jajaran Polsek, dipandu langsung Kapolres Klungkung AKBP FX. Arendra Wahyudi SiK, di Gedung Rupatama Polres Klungkung, Selasa (19/4).

Contoh kasus langsung diberikan oleh Kapolres kepada peserta pelatihan, mereka dilatih bagaimana melakukan penyidikan yang benar dengan cara memberikan pertanyaan tidak keluar dari tujuh kah dan unsur-unsur pasal yang disangkakan.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk mempermudah para penyidik dalam proses penyidikan suatu kasus baik terhadap saksi korban maupun tersangka, pada akhirnya akan mempercepat terungkapnya kasus sesuai bukti dan fakta dilapangan. Menurutnya, penguasaan materi suatu kasus akan sangat memudahakan bagi penyidik untuk memberikan pertanyaan dengan akurat dan benar, karena dari pertanyaan itulah kita akan menemukan petunjuk, agar tersangka tidak bisa berkelit dari sangkaan.

Pelatihan penyidikan ini untuk memperkuat penyidik, karena modus pelaku kejahatan selalu berkembang, sesuai perkembangan jaman, untuk itu diperlukan peningkatan kemampuan penyidik.Melalui pelatihan ini Kapolres mengharapkan setiap anggota Polres Klungkung khususnya reserse mampu melakukan tugas Kepolisian dibidang penyidikan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler