Pelebon di Puri Carangsari, Satu Bade Mengusung Dua Jenazah | Bali Tribune
Diposting : 5 May 2022 19:23
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune / PELEBON - Bade tumpang sia (sembilan) di depan Puri Carangsari, Petang.
balitribune.co.id | Mangupura - Puri Agung Carangsari akan menggelar upacara palebon atau ngaben, Jumat (6/5). Yang menarik dari prosesi palebon ini adalah satu bade akan mengusung dua layon atau jenazah sekaligus. Yakni layon Penglingsir Puri Carangsari I Gusti Ngurah Putu Darmika dan keponakannya Anak Agung Ngurah Wiranegara. Wira Negara sendiri meninggal dunia tiga minggu setelah sang paman.
 
AA Ngurah Bagus Suarmandala selaku anak ke-6 Pengelingsir Puri Agung Carangsari mengatakan, awalnya pelebon akan dilaksankana untuk ayahnya saja. namun setelah membuat kesepakanan, pemilihan hari baik, dan dudonan karya pelebon, ternyata salah satu saudaranya juga berpulang. Kemudian berdasarkan keputusan keluarga puri prosesi palebon untuk almarhum AA Ngura Wira Negara dilakukan sekaligus.
 
“Palebon dilangsungkan di hari yang sama dan menggunakan bade yang sama. Karena yang mantuk (berpulang) kedua itu merupakan kakak tertua kami di Puri. Jadi kami anggap almarhum kakak diajak oleh bapak,” ujar Gung Bagus saat ditemui, Kamis (5/5). 
 
Pengusungan layon ke kuburan akan menggunakan bade tumpang sia ( tingkat sembilan). Karena satu bade itu untuk dua layon, maka kontruksi bade sudah dirancang lebih kuat. Kemudian untuk tempat pembakaran selama di kuburan menggunakan sarana Naga Kaang.
 
"Dalam satu bade ini akan ada dua layon yang bertumpuk. Posisinya layon I Gusti Ngurah Putu Darmika berada di bawah kemudian diatasnya layon AA Ngurah Wira Negara. Kemudian untuk pembakaran menggunakan Naga Kaang" katanya sembari menyebut upacara palebon ini juga akan diikuti 5 sawa pengiring dari Buleleng.
 
Lebih lanjut Gung Bagus juga memaparkan bahwa almarhum I Gusti Ngurah Putu Darmika meninggal diusia 93 tahun. Semasa hidup almarhum banyak mengabdikan diri untuk kemajuan pendidikan yakni pembentukan Yayasan Wana Yasa sebagai pelopor pendirian SMP di Kecamatan Petang.
 
Sementara Almarhum AA Ngurah Wira Negara merupakan pensiunan ASN di Provinsi Bali dengan jabatan Kabag Humas. Beliau meninggal pada usia 69 tahun. Keduanya merupakan keluarga dari Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. I Gusti Ngurah Putu Darmika sebagai sepupu sedangkan AA Ngurah Wira Negara merupakan keponakan dari pemimpin pasukan Ciung Wanara tersebut. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler