Pemanasan Jelang ISC | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 13 April 2024
Diposting : 8 April 2016 14:57
Djoko Purnomo - Bali Tribune
TROFEO - Skuat Bali United saat berlaga di perebutan tempat ketiga di Stadion Utama Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu. Mereka kini bersiap menghadapi Trofeo Persija, Sabtu besok.

Denpasar, Bali Tribune

Setelah gagal dalam perebutan gelar juara tiga pada turnamen Piala Bhayangkara 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Bali United akan melakoni satu lagi turnamen di stadion terbesar di Indonesia itu, yakni Trofeo Persija 2016.

Trofeo Persija 2016 merupakan turnamen segitiga yang digagas Persija Jakarta. Turnamen yang nantinya akan melibatkan tiga klub tersebut yakni tuan rumah Persija Jakarta, Bali United, dan PSM Makassar akan berlangsung pada hari Sabtu (9/4) besok.

Manager coach Bali United, Indra Sjafri mengatakan keikutsertaaan Serdadu Tridatu dalam turnamen segitiga tersebut memiliki manfaat yang cukup baik untuk tim asuhannya.

“Kami putuskan untuk tetap berada di sini (Jakarta) untuk persiapan mengikuti Trofeo Persija. Turnamen ini akan kami manfaatkan untuk memantapkan komposisi pemain jelang digulirkannya Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016 dalam waktu dekat,” ujar Indra Sjafri, Kamis (7/4).

Trofeo Persija 2016 merupakan turnamen yang cukup unik. Tiga tim peserta akan saling berhadapan namun hanya dalam periode 45 menit. Apabila kedua tim hanya bermain imbang selama 45 menit, akan langsung dilanjutkan dengan adu penalti.

Tim yang menang dalam waktu 45 menit akan memperoleh 3 poin, sedangkan tim yang kalah tidak mendapatkan poin. Sementara itu tim yang memperoleh kemenangan lewat adu penalti akan mendapatkan 2 dan yang kalah mendapatkan 1 poin. Tim pengoleksi poin terbanyak dinyatakan keluar sebagai juara Trofeo Persija 2016.

Secara terpisah, CEO Bali United, Yabes Tanuri mengatakan menang atau kalah dalam Trofeo Persija Jakarta nanti tidaklah penting. Sebab, terpenting dalam ajang ini bagaimana pemain bisa mengambil pelajaran dari laga melawan peserta Trofeo, yakni tuan rumah Persija dan PSM Makassar.

“Untuk target menang, jelas semua tim ingin membawa pulang trofi kemenangan. Tapi, bagi Bali United, menjadikan tim berkualitas lebih mahal dibandingkan sebatas menang, ya, untuk mematangkan permainan,” Yabes Tanuri.

Sementara itu, pengalaman Bali United melawan tuan rumah Persija sudah dua kali sempat dilakoni. Pertama, di Piala Presiden, Bali United mempermalukan Persija di hadapan Presiden Joko Widodo. Namun, saat Bhayangkara Cup, Persija yang balik membikin malu Bali United. Bahkan, saat itu Persija sempat mengubur asa Bali United di Bhayangkara Cup.

Pada laga melawan Persija nanti, di bawah tekanan Jakmania, Bali United akan bermain tanpa Fadil Sausu dan Bobby Satria yang masih mengalami cedera ringan. Bahkan, stoper Kiko Insa juga tampak latihan di tepi Lapangan Pertamina di Jakarta.

Sedangkan, pertemuan terakhir Bali United dengan peserta Trofeo lainnya, PSM Makassar di Piala Jenderal Sudirman di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Saat itu Bali United menahan imbang PSM di laga normal. Hingga akhirnya. PSM apes kalah adu penalti dengan anak asuh coach Indra Sjafri itu.