Pemerintah Kabupaten Tabanan Launching Inovasi PADI DESA | Bali Tribune
Diposting : 25 February 2022 15:59
RED - Bali Tribune
Bali Tribune / LAUNCHING - Asisten 1 Setda Tabanan AA. Ngurah Agung Satria Tenaya, S.Sos., M.Si, launching inovasi “PADI DESA” (Peta Digital Desa) di Ruang Rapat Lantai III, Kantor Bupati Tabanan, Jumat (25/2).

balitribune.co.id | Tabanan – Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M dalam hal ini diwakili oleh Asisten 1 Setda Tabanan, AA. Ngurah Agung Satria Tenaya, S.Sos., M.Si, melakukan launching inovasi “PADI DESA” (Peta Digital Desa) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai III, Kantor Bupati Tabanan, Jumat (25/2).

Inovasi “Peta Digital Desa” atau yang biasa disebut PADI DESA ini merupakan terobosan yang memudahkan masyarakat dalam menfasilitasi percepatan penetapan batas desa guna menunjang Desa Presisi, menuju Peta Wilayah Digital, yaitu desa dengan tingkat akurasi yang tinggi sehingga dapat memberikan gambaran kondisi aktual desa yang sesungguhnya. Nampak hadir dalam acara tersebut, Para Camat dan Perbekel Kabupaten Tabanan dan OPD Terkait selaku tim penetapan dan penegasan batas desa Kabupaten Tabanan.

Penetapan dan penegasan batas wilayah sebuah desa, menjadi prioritas bagi pemerintah, sebab perbatasan wilayah harus jelas agar tidak menghambat proses pembangunan di desa dan menyebakan potensi terjadinya konflik antar desa dan antar warga. Selain itu, dalam perkembangannya, seluruh penyelenggara pelayanan publik juga dituntut untuk menciptakan alternatif-alternatif layanan yang mudah, aman dan cepat bagi masyarakat.

Sementara tujuan dari penetapan dan penegasan ini ialah untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa yang memenuhi aspek teknis dan yuridis. Sebab, wilayah desa merupakan asset desa yang wajib diamankan dalam bentuk fisik, hukum dan administratif.

Dalam pelaksanaan kegiatan penetapan dan penegasan batas desa, telah dilakukan Langkah-langkah termasuk diantaranya; sosialisasi dengan para camat dan perbekel se-Kabupaten Tabanan, Kunjungan ke 8 (delapan) kecamatan dengan mengundang para perbekel yang difasilitasi oleh para camat dengan agenda pemaparan mengenai penegasan batas desa, melaksanakan penelusuran lapangan men gegnai batas desa dengan mengundang desa-desa penyanding serta melaksanakan verifikasi, penyampaian dan persetujuan hassil kerja.

Pada kesempatan ini, mewakili Bupati Tabanan, Agung Satria Tenaya sampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada bagian tata pemerintahan atas launcing inovasi PADI DESA, serta kepada para camat dan seluruh perbekel atas Kerjasama dan koordinasinya selama ini. “Saya berharap pelaksanaan Peta Digital Desa ini dapat terlaksana dengan baik, dilaksanakan oleh petugas yang professional dan kompeten serta dapat melayani masyarakat secara berkesinambungan” Ujarnya

Ia juga menyampaikan, dengan meningkatnya kinerja dalam melayani masyarakat, maka ekspektasi masyarakat sangat besar dalam mendapatkan pelayanan dari pemerintahan yang semakin baik. Oleh sebab itu, inovasi harus terus dilakukan guna menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. “Melalui momentum ini, saya mengajak seluruh Perangkat Daerah dan Pemerintah Desa di Kabupaten Tabanan untuk turut menyukseskan percepatan penetapan dan penegasan batas desa melalui Inovasi Padi Desa” tambahnya.

Seirama dengan harapan Bupati, para petugas, camat dan perbekel yang hadir pada acara pagi itu, juga sangat mengapresiasi upaya pemerintahan yang senantiasa mendukung dan memudahkan tim yang bertugas, untuk bersama-sama membangun Tabanan, yang dimulai dari Desa.

Hukum & Kriminal

Terpopuler