Pemkab Klungkung Gelar Lelang Jabatan, Pelamar Nihil | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 19 September 2020
Diposting : 5 March 2020 23:29
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Komang Susana, SH.
Balitribune.co.id | Semarapura - Sejak diumumkan lelang jabatan bagi pejabat tinggi pratama setingkat Kadis yang pensiun dan yang akan pensiun untuk tahun 2020 ini, ternyata belum ada pejabat yang berminat mengisi jabatan lelang tersebut. Kondisi ini dibenarkan oleh Kabid Mutasi Promosi dan Pengembangan Kompetisi Aparatur, Badan BKP SDM Klungkung Dewa Nyoman Santika, SE. Menurutnya, sampai Kamis (5/3), belum ada pelamar, mungkin mereka masih menunggu adanya tenggat waktu cukup lama. 
 
Empat pejabat pinggi pratama/Kadis yang menjalani masa pensiun sejatinya baru seorang yaitu Nengah Sudiarta mantan Kadisbudpora yang sudah menjalani masa pensiun purna bakti sejak 1 Januari 2020. Sementara itu 3 pejabat eselon II lainnya yang bakal menjalani pensiun ada 4 orang yaitu Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Ida Bagus Anom Adnyana yang bakal pensiun per 1 Mei 2020, Kadis Pariwisata Drs Nengah Sukasta yang bakal pensiun per 1 Agustus 2020, dan Kepala Kearsipan Ni Wayan Ringin, SAg yang akan pensiun per 1 Oktober 2020.
 
Dewa Nyoman Santika menjelaskan bahwa setelah selesai seleksi pendaftaran sampai batas waktu tanggal 30 Maret 2020, baru Tim Seleksi Pejabat Tinggi Pratama yang dibentuk oleh Bupati Klungkung bekerja sesuai dengan keputusan Bupati nomor 150/22/HK/2020 tentang pembentukan Panitia Seleksi jabatan pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung tahun 2020.
 
Kepala BKP SDM Komang Susana, SH menyebutkan lelang jabatan pejabat tinggi pratama itu diadakan untuk menghindari pejabat tinggi pratama yang terlalu lama diisi Pejabat PLT di posisinya, sehingga jika sudah ada hasil seleksi lelang jabatan yang diadakan otomatis pejabat yang lolos lelang jabatan langsung bisa ditunjuk Bupati Klungkung  mengisi pejabat yang pensiun dengan segera. 
 
Adapun susunan Tim Seleksi Jabatan Tinggi Pratama ini sebagai Ketua merangkap anggota Sekda Ir Gede Putu Winastra, M.MA, sedangkan Kepala BKP SDM Komang Susana, SH sebagai sekretaris merangkap anggota. Sedangkan sebagai anggota Tim Prof Dr Wayan Gede Supartha, SE, SU, Prof Dr Wayan Parsa, SH, M. Hum, Dr Drs I Gst Pt Bagus Suka Arjawa, Msi. Sementara staf sekretaria terdiri dari Dewa Nyoman Santika, SE dan Putu Sri Wiryani, SE, MM.
 
Untuk seleksi terbuka jabatan tinggi pratama ini melalui metode dan tahapan seperti seleksi administrasi, seleksi kompetensi, Penmilaian rekam jejak dan wawancara akhir.