Pemkab Sumba Timur Cetak E-KTP Warganya di Bali | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 30 November 2020
Diposting : 3 March 2020 06:52
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Perekaman E-KTP warga Sumba Timur di Denpasar, Senin kemarin.
Balitribune.co.id | Denpasar -  Terobosan kreatif dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur dengan melakukan pencetakan E-KTP terhadap warganya yang merantau di Bali. Kegiatan digelar di Warung Sang Dewi (WSD) di Jalan Tukad Musi I Nomor 5 Renon Denpasar, Senin (2/3). Hingga sore kemarin sudah 500 KTP yang sudah tercetak.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumba Timur, Kristofel Praing yang dikonfirmasi Bali tribune mengatakan, aksi jemput bola pembuatan E – KTP  untuk melaksanakan program pendataan penduduk oleh pemerintah. 
 
Program pembuatan E - KTP ini untuk merespons keluhan banyaknya warga Sumba Timur di bali yang belum memiliki identitas E-KTP. 
 
Pemilihan Bali sebagai tempat dilakukannya pembuatan  E-KTP ini karena dari pendataan penduduk Sumba Timur banyak yang merantau ke Bali. "Rencana kami tiga hari, tetapi tergantung antusias warga Sumba Timur di Bali. Hari pertama ini, sudah 500 orang. Kalau antusias dari warga banyak dan sampai seminggu disini, kami selalu siap. Intinya, warga Sumba Timur di Bali harus punya E - KTP semua," tegasnya. 
 
Ketua Himpunan Keluarga Matawai Amahu Sumba Timur (HIKMAST) Bali, Lony Rihi, SH mengatakan, warga Sumba Timur di Bali sebenarnya sudah memiliki identitas KTP, namun belum E - KTP. Sementara segala urusan untuk identitas harus menggunakan E - KTP. Sehingga HIKMAST selaku paguyubannya orang Sumba Timur di Bali memfasilitasi Pemkab Sumba Timur untuk melakukan perekaman dan pembuatan E - KTP di Bali. 
 
Sementara Ketua Flobamora Bali, Yosep Yulius Yusdi Diaz menyambut positif kegiatan ini. Flobamora Bali selalu siap memfasilitasi dan telah bersurat kepada Pemda NTT untuk menyampaikan kepada setiap Pemerintah Kabupaten agar melakukan pendataan warganya di Bali. Aksi Flobamora Bali ini merespon imbauan Sat Pol PP Provinsi Bali dan Dinas Dukcapil Provinsi Bali. 
 
"Memang belum semua, tetapi setidaknya kita sudah berbuat. Setelah Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya, sekarang giliran Sumba Timur. Tapi Sumba Timur punya luar biasa sekali karena E- KTP-nya langsung jadi," ujarnya.