Pemkot Denpasar Pertahankan WTP 4 Kali Berturut-turut | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 12 Juli 2020
Diposting : 3 June 2016 15:13
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
WTP
Wakil Walikota I GN Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede menerima piagam penghargaan Opini WTP Tahun Anggaran 2015 yang diserahkan langsung Kepala BPK RI Provinsi Bali Dori Santosa, Kamis (2/6) di Kantor BPK RI Perwakilan Bali.

Denpasar, Bali Tribune

Pemkot Denpasar kembali berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut sejak tahun 2012 atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Denpasar sampai Tahun Anggaran 2015 dari (BPK) Perwakilan Bali.

Penyerahan piagam WTP dan Laporan Hasil Pemeriksanaan (LHP) Tahun Anggaran 2015 dilakukan pada Kamis (2/6) oleh Kepala BPK RI Perwakilan Bali Dori Santosa diterima Wakil Walikota I GN Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede di kantor BPK RI Perwakilan Bali.

Penyerahan LHP dilaksanakan secara bersamaan yang menghadirkan Kepala Daerah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bali yang dilanjutkan dengan pengumuman opini BPK atas hasil pemeriksanaan keuangan daerah oleh Kepala BPK RI Perwakilan Bali Dori Santosa.

Opini WTP dalam pengelolaan keuangan daerah yang diraih Pemkot Denpasar tahun ini untuk keempat kalinya. Namun demikian walaupun telah meraih WTP diharapkan kepala daerah, sekretaris daerah, inspektur dan seluruh SKPD dapat terus bahu membahu menerapkan pengelolaan keuangan daerah berbasis akrual.

Kepala BPK RI Perwakilan Bali Dori Santosa menyatakan Pemkot Denpasar tahun ini kembali mempertahankan opini WTP dengan penekanan pelaporan keuangan telah disajikan secara wajar sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

“Opini WTP dengan harapan masyarakat yang sangat besar dalam memperhatikan kinerja seluruh daerah yang bersih dari segala kesalahan dan dapat menjadi catatan bagi Ketua DPRD dan Kepala Daerah dengan penilaian BPK terkait kewajaran laporan keuangan,” ujarnya.

Sementara Wakil Walikota I GN Jaya Negara menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPK RI beserta jajarannya yang selama ini terus membimbing dan mengarahkan sehingga pengelolaan keuangan, barang dan jasa serta pelaksanaan program pembangunan di Kota Denpasar dapat terwujud sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Keberhasilan Kota Denpasar juga tidak terlepas dari kwalitas sumber daya manusianya. Karenanya kedepan Pemkot Denpasar tidak henti-hentinya memohon bimbingan kepada BPK RI dan jajarannya untuk terus melakukan pembinaan, sehingga keberhasilan ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Dikatakan dengan kebehasilan meraih opini WTP ini dapat menjadikan semangat bagi aparatur di Pemkot Denpasar sehingga nantinya dapat berimbas pada pelayanan publik semakin meningkat dan pada akhirnya akan mampu meningaktakn kesejahteraan masyarakat Kota Denpasar. Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada BPK RI Perwakilan Bali, serta mengapresiasi seluruh upaya Pemkot Denpasar dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang baik, transparan, dan akuntabel.

Disamping itu pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih merupakan cita-cita dan tujuan kita bersama karenanya diperlukan kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif termasuk BPK itu sendiri dengan demikian cita-cita itu akan terwujud. Oleh karenanya antara legislatif dan eksekutif harus saling bahu membahu dan mengutamakan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Denpasar.