Penanganan Sampah di Klungkung Tetap Menjadi Skala Prioritas | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 24 September 2020
Diposting : 27 April 2020 21:25
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ PANTAU - Bupati Suwirta pantau penanganan sampah di TOSS Center bisa berjalan dengan baik.
Balitribune.co.id | Semarapura - Guna memastikan penanganan sampah tetap berjalan di saat ada wabah Covid-19, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kadis LHP Kabupaten Klungkung AA Kirana meninjau langsung penanganan sampah di eks TPA Sente dan TOSS Center Desa Kusamba, Senin (27/4).
 
Bupati Suwirta mengatakan, saat ini penanganan sampah dikabupaten klungkung juga manjadi skala prioritas selain mengatasi pandemi covid-19. “Sampah tidak boleh diabaikan. Penanganan sampah ditengah pandemi Covid-19 juga menjadi skala prioritas sehingga tidak menimbulkan dampak-dampak lain atau menimbulkan masalah baru,” ujar Bupati Suwirta.
 
Dikatakan Bupati Suwirta, Pemkab Klungkung sangat serius dalam penanganan sampah, terutama untuk pemanfaatannya. “Misalnya, untuk sampah organik dapat digunakan untuk pupuk dan anorganik atau plastik, dipakai sebagai campuran pelet yang bisa menghasilkan listrik,” tambahnya.
 
Selain itu, Bupati Suwirta tengah melakukan kerjasama dengan dengan asosiasi pengusaha sampah Indonesia (APSI) untuk bersama-sama mengatasi permasalahan sampah di kabupaten klungkung. Saat ini kita tengah menjalin kejasama dengan APSI sehingga kedepan permasalahan sampah betul betul bisa diatasi.
 
Kadis LHP Kabupaten Klungkung AA Kirana mengatakan, sampah yang masuk ke TOSS Center sudah dipilah, dimana sampah plastiknya akan dibeli oleh swasta sedangkan sampah organik akan dicacah dan difermentasi menjadi pupuk. Namun konsep sampah menjadi listrik tetap ada di TOSS Center.