Pendam IX/Udayana-Warga Lakukan Sosialisasi dan Penyemprotan Desinfektan | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 20 Oktober 2020
Diposting : 31 March 2020 08:13
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ Sosialisasi dan penyemprotan cairan desinfektan di beberapa fasilitas umum di Banjar Umasari, Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Senin (30/3).
Balitribune.co.id | Denpasar -  Sebagai wujud kemanunggalan TNI-rakyat, sejumlah personel Penerangan Kodam (Pendam) IX/Udayana bersinergi dengan warga untuk melakukan sosialisasi dan penyemprotan cairan desinfektan di beberapa fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat berkumpul di Banjar Umasari, Desa Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Senin (30/3).
 
"Hal ini merupakan tindak lanjut dari upaya pencegahan penyebaran Covid-19 oleh jajaran TNI yang selalu bekerja sama dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat, sehingga kegiatan penyemprotan desinfektan ini diharapkan cukup efektif untuk mencegah merebaknya virus Corona atau Covid-19," ujar Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G.
 
Dalam pelaksanaan kegiatan yang dipimpin Kepala Desa Ubung Kaja Wayan Astika tersebut, tampak beberapa petugas berseragam doreng menggunakan 2 unit motor Pertamanan Desa Ubung Kaja yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk menyemprotkan cairan desinfektan yang disediakan oleh Kantor Desa Ubung Kaja.
 
"Penyemprotan desinfektan juga dilakukan di wilayah Jalan Cargo, Denpasar, yang sering dijadikan sebagai tempat transit atau mangkalnya puluhan truk barang yang datang dari luar Pulau Bali," kata Kapendam, seraya berharap, hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah paparan Covid-19, selain menerapkan pola hidup bersih dan sehat, melakukan physical distancing, work from home, selalu mengenakan masker dan sering cuci tangan, serta rajin beribadah dan berolahraga.
 
Paurpam Pendam IX/Udayana Letda Inf I Made Wenten, menambahkan, secara umum kegiatan ini merupakan suatu pencegahan dari berbagai jenis organisme berbahaya, baik virus dan bakteri maupun jamur, yang bisa menyebabkan penularan penyakit. Sehingga dengan penyemprotan cairan desinfektan diharapkan dapat mencegah semua hal itu.
 
Pihaknya juga menyosialisasikan kepada warga Desa Ubung Kaja untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur, ataupun berjemur dipagi hari. Warga juga diimbau untuk selalu menggunakan masker saat diluar rumah serta menghindari keramaian atau kerumunan massa guna mengurangi risiko penyebaran Covid-19.
 
Selain mengerahkan puluhan anggota Pendam IX/Udayana, kegiatan karya bakti penyemprotan desinfektan ini juga dibantu oleh Kasi Kesra Desa Ubung Kaja Wayan Sukarta, Babinsa Ubung Kaja Pelda I Gusti Ngurah Budiarta dan Babinkamtibmas Ubung Kaja Aiptu Made Parwata, serta masyarakat Banjar Umasari, Desa Ubung Kaja.