Pendekatan Dialogis pada Masyarakat | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 30 November 2020
Diposting : 16 October 2020 05:37
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune / DIALOG - Polres Klungkung pendekatan dialogis di Desa Jumpai.
Balitribune.co.id | Semarapura - Mengantisipasi masuknya terorisme di wilayah Kabupaten Klungkung, Polres Klungkung melaksanakan pendekatan dialogis terhadap Kelompok Nelayan Bendega Saman Jaya Desa Jumpai. Desa Jumpai terletak di pesisir pantai selatan Kabupaten Klungkung dan dilalui jalur Baypass I B Mantra.
 
Dipilihnya kawasan tersebut sebagai objek karena di wilayah tersebut juga terdapat akomodasi wisatawan (penginapan) sehingga banyak orang yang dari luar kabupaten Klungkung berkunjung dan menginap di wilayah tersebut. Disamping itu  kawasan pesisir pantai Jumpai merupakan kawasan yang tergolong sepi dan minim pengawasan dari instansi terkait sehingga situasi tersebut rawan dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk memasuki wilayah Klungkung dengan memanfaatkan akses pesisir pantai. 
 
Kasat Intel Polres Klungkung AKP I Nyoman Sumantara, SH, Kamis (15/10), menyatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan dialogis dan pertemuan tersebut adalah untuk memberikan edukasi pemahaman, dan  menumbuhkan kepekaan segenap elemen masyarakat utamanya kelompok nelayan untuk ikut berperan aktif  dalam hal menjaga situasi  kamtibmas yang kondusif. “Kita berharap pendekatan dialogis ini  dengan memberikan informasi setiap perkembangan situasi baik berupa  ambang gangguan maupun potensi gangguan yang mungkin akan timbul. Diharapkan kegiatan pendekatan dialogis ini, akan terus berlanjut untuk menggugah masyarakat selalu peduli dengan lingkungan dan situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” terang AKP Nyoman Sumantara, SH. 
 
Menurutnya, berbagai upaya prefentif dan kegiatan pendekatan dialogis dilaksanakan jajaran Sat Intel Polres Klungkung dengan melakukan pendekatan dialog dengan Kelompok Nelayan Bendega Saman Jaya Desa Jumpai yang diketuai oleh I Nengah Suama. Kegiatan dialogis Sat Intel Polres Klungkung diawali pada Kamis (8/9) pukul 10.30 Wita, di Rumah Ketua Kelompok Nelayan Bendega Saman Jaya. Kegiatan tersebut  dihadiri sebanyak 11 orang nelayan. Pendekatan dialogis Kelompok Nelayan Saman Jaya ini ditekankan pentingnya keamanan dan memberikan edukasi dan menggugah masyarakat untuk berperan aktif  dalam  membantu pihak kepolisian untuk secara bersama-sama menjaga Situasi Kamtibmas berupa dukungan informasi di wilayahnya. 
 
Selanjutnya kegiatan dialog serupa digelar juga, Rabu (14/9) pukul  08.30 Wita, di Pantai Jumpai Ds. Jumpai Kec. Klungkung. Kegiatan ini dilaksanakan juga pendekatan dialogis kepada Kelompok Nelayan Saman Jaya yang dihadiri 9 orang nelayan. “Dalam kedua kegiatan pendekatan dialogis  tersebut  ditekankan pentingnya keamanan lingkungan serta memberikan edukasi  dan menggugah masyarakat untuk turut berperan aktif  dalam  membantu pihak kepolisian untuk secara bersama-sama menjaga Situasi Kamtibmas berupa dukungan informasi di wilayahnya masing masing,” ujar AKP Nyoman Sumantara SH.