Penerbangan dari Tiongkok ke Bali Dilakukan Bertahap | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 Januari 2023
Diposting : 23 January 2023 20:40
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / WISATAWAN - Sejumlah wisatawan Tiongkok yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pasca-pandemi Covid-19 disambut tari Bali

balitribune.co.id | KutaKonsul Jenderal RRT Denpasar, Zhu Xinglong mengaku akan mempromosikan pariwisata Bali bekerjasama dengan instansi terkait khususnya dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Menurutnya, wisatawan Tiongkok akan berdatangan ke Bali melalui jalur udara dalam waktu dekat. Melalui kedatangan perdana pasca-pandemi Covid-19, wisatawan Tiongkok dari Kota Shenzhen ke Bali bertepatan dengan perayaan Imlek tahun 2023 disambut Konsul Jenderal RRT Denpasar, Zhu Xinglong bersama Gubernur Bali, Wayan Koster di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu (22/1).

Kata dia, warga Tiongkok lainnya seperti dari Beijing, Shanghai, Wuhan, Chengdu, Zhengzhou, Guangzhou akan didorong lebih banyak berwisata ke Bali dalam waktu dekat. "Kami akan mempromosikan pariwisata Bali dengan instansi terkait. Kami akan mendorong orang-orang Tiongkok seperti dari Beijing, Shanghai, Wuhan, Chengdu, Zhengzhou, Guangzhou ke Provisi Bali. Dari Airline Lion Air Indonesia dan pada Februari akan ada banyak pesawat dari Tiongkok ke Bali. Kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali diharapkan bisa kembali yang sama pada tahun 2019," kata Zhu Xinglong.

Salah seorang wisatawan dari Shenzhen, Tiongkok yang mendarat perdana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Lii Jiangxia mengaku sudah berulang kali datang berwisata di Bali sebelum pandemi Covid-19. "Saya sangat suka pemandangan yang indah di sini (Bali) dan juga jalan-jalan di sini. Ada hotel mewah, ada makanan lezat, saya sangat suka ke sini," ujarnya dihadapan Konjen Zhu Xinglong dan Gubernur Koster.

Berdasarkan proyeksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kunjungan turis asal Tiongkok ke Indonesia pada 2023  sebanyak 120.900 hingga 255.700 kunjungan. Hal ini dilihat dari statistik tahun 2019, kunjungan turis Tiongkok mencapai 2 juta kunjungan. Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Lion Air menyampaikan, peningkatan frekuensi terbang dari Shenzhen ke Bali dan rencana pembukaan rute baru dari kota-kota di Tiongkok lainnya seperti Beijing, Xián, Jinzhou, Haikou, Kunming, Lanzhou, Nanchang, Nanjing, Ningbo, Shanghai-Hongqiao, Shanghai-Pudong, Zhengzhou dan Guangzhou ke Indonesia dilakukan secara bertahap.

Penerbangan Tiongkok-Indonesia dilaksanakan setelah keputusan Pemerintah Tiongkok mencabut pembatasan perjalanan ketat internasional yang diumumkan pada 8 Januari 2023 dan diperkenalkan bersamaan perayaan Tahun Baru Imlek (Chinese New Year) 2023.Kedatangan kembali wisatawan Tiongkok melalui penerbangan non-stop dapat berkontribusi dalam pencapaian kunjungan turis luar negeri berkisar 3,5 juta hingga 7,4 juta kunjungan. 

Negara berjuluk Tirai Bambu menjadi salah satu penyumbang pasar terbesar untuk bidang pariwisata dan penerbangan di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, periode Januari-November 2022 turis asing yang ke Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ialah 1.777.684 kunjungan. Shenzhen gerbang wisata Indonesia termasuk Bali merupakan salah satu upaya mendukung gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), dalam rangka penguatan sistem ekonomi kreatif dan percepatan pengembangan perekonomian nasional. Faktor lain, dibukanya rute Shenzhen ke Bali akan semakin memperlancar lalu-lintas bisnis dan perdagangan. 

Pergerakan ekspor dari hasil pertanian perkebunan, perikanan, peternakan dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lebih mudah, cepat dan tepat. Shenzhen dikenal sebagai kawasan metropolitan terbesar dan tersibuk di daratan Tiongkok. Kota ini dibangun dengan infrastruktur yang terus berkembang, nilai investasi tinggi serta membagi dalam Zona Perdagangan Bebas Shenzhen (Shenzhen Free Trade Zone) dan Kawasan Industri Teknologi Tinggi (Shenzhen High-Tech Industrial Park), perguruan tinggi dan pariwisata. Pada kesempatan baik, penerbangan dari Kota Desain - Shenzhen ke Pulau Dewata - Bali pergi pulang (PP) turut memperkuat hubungan bilateral antarnegara Indonesia dan Tiongkok.