Penerimaan Peserta Didik Baru, Sekolah Fasilitasi Siswa Mendaftar | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 25 Juni 2022
Diposting : 23 June 2022 03:42
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / PENDAFTARAN – Siswa lakukan pendaftaran di posko PPDB SMKN 1 Bangli

balitribune.co.id | BangliPendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK tahun pelajaran 2022/2023 dibuka Rabu (22/6/22). Kepala SMKN 1 Bangli I Nyoman Susila, proses pendaftaran dibuka mulai 22 Juni hingga 25 Juni. Proses pendaftaran dilakukan secara online sehingga siswa bisa mendaftar dari rumah. Namun tidak sedikit siswa yang datang ke sekolah dengan didampingi orang tua.

Tahun ajaran ini SMKN 1 Bangli membuka 5 jurusan dengan jumlah 11 rombongan belajar (rombel). Adapun jurusan Akuntansi dan keuangan lembaga (AK), Pemasaran, Multimedia, TKJ dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTP). "Kouta tahun 396 orang. Untuk  jurusan AK  sebanyak 3 rombel dan jurusan lainnya masing-masing dua rombel," ungkapnya.

Nyoman Susila menambahkan untuk teknis pendaftaran yakni siswa masuk link yang telah ditentukan. Kemudian mengisi formulir pendaftaran, memilih jalur pendaftaran dan melengkapi data diri. Para siswa juga mengunggah dokumen yang menjadi persyaratan. "Setelah mengisi data itu baru siswa memilih sekolah dan jurusan yang diinginkan. Siswa bisa memilih dua jurusan," jelasnya.

Ketika jurusan pertama tidak lolos maka ada jurusan kedua. Seluruh proses perenkingan dikerjakan oleh sistem, sehingga tidak ada campur tangan dari luar. Sementara itu untuk jalur pendaftaran meliputi zonasi sebanyak 10 persen yang meliputi zonasi dan perpindahan orang tua, afirmasi 30 persen meliputi afirmasi dan inklusi serta jalur prestasi sebanyak 60 persen yang terdiri dari sertifikat prestasi dan rangking rapor.

Di sisi lain, pelaksanaan PPDB di SMAN 2 Bangli berjalan lancar. Kepala Sekolah SMAN 2 Bangli I Gede Kariawan mengatakan pihaknya menyiapkan fasilita bagi siswa untuk mendaftar. Pihaknya menyarankan agar siswa bisa mendaftar di sekolah.

“Sekolah menyediakan sejumlah operator untuk membantu siswa mulai pukul 7.30 Wita hingga 14.00 wita," ungkapnya seraya menambahkan untuk kuota sebanyak 432 siswa.

Dijelaskan, tahun ini calon peserta didik mendaftar berdasarkan pilihan. Terdapat lima pilihan, yang masing-masing terdiri dari beberapa jalur pendaftaran. Pilihan kesatu, siswa mendaftar melalui jalur inklusi, zonasi, dan jalur ranking nilai rapor. Pilihan kedua, siswa mendaftar melalui jalur afirmasi, zonasi, dan jalur ranking nilai rapor.

Pilihan ketiga, siswa mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali, zonasi, dan jalur ranking nilai rapor. Pilihan keempat, siswa mendaftar melalui jalur sertifikat prestasi, zonasi, dan jalur ranking nilai rapor. Sedangkan pilihan kelima, siswa mendaftar melalui jalur zonasi dan jalur ranking nilai rapor.