Penggunaan PLTS Masuk Tahap Uji Coba | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 07 Februari 2023
Diposting : 30 November 2022 01:53
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune/UJI COBA - Suasana uji coba PLTS di rumah pomnpa Pebini, Kecamatan Kintamani.

balitribune.co.id | Bangli  - Perumda Air Minum Tirta Danu Arta menjalin kerjasama dengan PT Agra Surya Energi (ASE), PTNusa Sinergi Mandiri (NSM) dan PT Energi Surya Terpadu (EST) dalam pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenga Surya (PLTS) untuk menggerakan mesin pompa. Tahap awal pembangunan PLTS menyasar lima rumah pompa dan salah satu PLTS yakni di rumah pompa Pebini, Kecamatan Kintamani telah memasuki tahap uji coba.
 
Direktut Perumda Air Minum Tirta Danu Arta I Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan proses pembanguan PLTS dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal menyasar lima rumah pompa. Dari lima titik tersebut pembangunan panel surya di rumah pompa Pebini, Desa Catur, Kecamatan Kintamani telah memasuki tahap uji coba. Untuk memastikan berfungsi tidaknya PLTS telah dilakukan uji coba, hasilnya memang belum sempurna atau perlu dilakukan perbaikan, nanti akan kembali dilakukan uji coba  sebelum difungsikan  ujar Dewa Gede Ratno Supaso Mesi, Selasa (29/11/2022).
 
Kata Direktur yang akrab disapa Dewa Rono ini sebelum PLTS dioperasikan, pihaknya masih harus mengurus ijin oprasional ke PLN, karena jaringan kita masih terkoneksi dengan PLN. Sesuai rencana PLTS  akan difungsikan dari pagi hingga sore hari tergantung cuaca, jika malam hari untuk gerakan mesin pompa dari listrik  PLN, jelas Dewa Rono.
 
Menurut Dewa Rono dengan pemanfaatan PLTS tentu bisa mengefisiensi anggaran pembayaran rekening listrik hingga 40 persen. Setiap bulan kita bayar tagihan rekening listrik berkisar Rp 700-800 juta per bulannya,sebut direktur asal Banjar/Kelurahan Kawan ini.
 
Lanjut Dewa Rono, untuk pembangunan PLTS  akan dilakukan secara bertahap  yakni di 15 titik rumah pompa.Tahap awal baru di lima titik, sisanya menyusul dan akan dibangun tahun depan, jelas Dewa Rono. s