Penghujung Tahun 2023 Universitas Udayana Lepas 716 Wisudawan | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Februari 2024
Diposting : 11 December 2023 11:49
ARW - Bali Tribune
Bali Tribune / WISUDA - Upacara Wisuda ke-157, bertempat di Auditorium Widya Sabha Unud Bukit Jimbaran, Sabtu (9/12).

balitribune.co.id | Badung - Jelang akhir tahun 2023, Universitas Udayana (Unud) selenggarakan Upacara Wisuda ke-157, bertempat di Auditorium Widya Sabha Unud Bukit Jimbaran, Sabtu (9/12). Dalam wisuda kali Rektor Universitas Udayana Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T.,Ph.D.,IPU melepas 716 wisudawan. Jumlah wisudawan terdiri dari 12 orang Program Doktor (S3), 76 orang Progtam Magister (S2), 24 orang Program Spesialis, 112 orang Program Profesi, 484 orang Program Sarjana (S1), dan 8 orang Program Diploma. 

Wisudawan kali ini didominasi oleh kaum perempuan yang berjumlah 390 orang, sedangkan wisudawan laki-laki berjumlah 326 orang. Dari sisi prestasi akademik, IPK wisudawan perempuan rata-rata 3,75 sedangkan rata-rata IPK laki-laki 3,69. Sementara untuk masa studi, rata-rata masa studi wisudawan perempuan 7,6 semester, sedangkan wisudawan laki-laki masa studinya 8,5 semester. 

Lulusan terbaik dalam wisuda kali ini untuk masing-masing jenjang program terdiri dari Program S3 diraih oleh Dr. Rini Srikus Saptaningtyas, ST.,M.Sc., dari Prodi S3 Ilmu Teknik dengan IPK: 3,89 (Dengan Pujian). Program S2 diraih oleh I Gusti Ngurah Bagus Juliarta, SE.,SH.,AK.,CA.,MH., dari Prodi S2 Ilmu Hukum dengan IPK:3,98 (Dengan Pujian). Sedangkan, dari Program S1 diraih oleh Nadya Nova Ardhana, S.Par., dari Prodi S1 Pariwisata dengan IPK:3,99 (Dengan Pujian). Dengan dilepasnya sebanyak 716 orang lulusan, hingga saat ini Unud memiliki total jumlah keseluruhan alumni sebanyak 120.129 orang. 

Rektor Unud, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T.,Ph.D.,IPU.,mengucapkan selamat atas kerja keras dan keberhasilan yang telah diraih oleh seluruh wisudawan. Harapannya semoga ilmu yang telah diperoleh dapat diimplementasikan dengan  baik untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara. Rektor juga menyampaikan, bahwa Unud berkomitmen untuk terus melakukan serangkaian perubahan ke arah yang lebih baik.

Pada tahun 2023 ini, beberapa usaha yang telah diupayakan demi menjaga kiprah Unud sebagai lembaga pendidikan tinggi,  lima diantaranya, pertama agenda internasionalisasi Unud melalui peningkatkan kerjasama internasional dengan berbagai pihak, kedua, kolaborasi kegiatan akademik/non akademik dengan berbagai lembaga negara, ketiga, peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan bantuan UKT kepada pegawai dan dosen. Untuk dosen didorong menjadi Guru Besar dengan memberikan hibah International Partnership Institution-based Research (INSPIRE). Keempat, meningkatkan predikat akreditasi unggul dan internasional di setiap program studi di lingkungan Unud, baik di tataran S1, S2, maupun S3, dan kelima, transformasi Unud menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). 

Rektor juga berharap berbagai usaha yang telah dilakukan, hendaknya mendapat dukungan dari berbagai pihak agar membuahkan hasil yang optimal. Salah satunya adalag dukungan dari Ikatan Alumni Universitas Udayana (IKAYANA)  yang  pada tanggal 2 Desember 2023 telah dilantik secara resmi jajaran kepengurusan baru yang totalnya berjumlah 130 orang pengurus.

Melalui struktur yang baru ini, diyakini IKAYANA akan memberikan banyak kontribusi dalam menjaga marwah Unud sebagai lembaga pendidikan tinggi negeri yang terhormat di mata publik. IKAYANA juga berfungsi sebagai media atau fasilitator bagi fresh graduate atau tamatan baru dari Unud untuk urusan pekerjaan atau kepentingan studi tingkat lanjut.

 

Sumber: https://www.unud.ac.id