Perbankan Perluas Layanan Pembayaran Samsat Online | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 29 Maret 2024
Diposting : 17 November 2018 23:34
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
ONLINE - Direktur Hubungan Kelembagaan BRI, Sis Apik Wijayanto saat menyerahkan bukti pembayaran samsat online kepada Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal Pol Tito Karnavian di Kuta, Badung, Kamis (15/11)
 
BALI TRIBUNE - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. melakukan pengoptimalan penerimaan pajak dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Samsat Online Nasional saat Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat tingkat Nasional T.A. 2018 yang dihadiri Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal Pol Tito Karnavian di Kuta, Badung, Kamis (15/11).  
 
Program ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menghadirkan inovasi pelayanan pembayaran penerimaan pajak daerah yang dilakukan secara elektronik melalui jaringan e-channel BRI disejumlah provinsi. Direktur Hubungan Kelembagaan BRI, Sis Apik Wijayanto mengatakan, kerjasama tersebut merupakan wujud komitmen bank berplat merah ini dalam memberikan layanan perbankan yang profesional dan menyeluruh kepada pemerintah dan masyarakat yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.
 
Tahun 2017, Samsat Online Nasional telah diimplementasikan di wilayah Jawa dan Bali. Melalui penandatanganan Nota Kesepahaman ini, pengembangan Samsat Online Nasional diperluas hingga wilayah Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. "Selanjutnya, pengembangan layanan Samsat Online Nasional akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia," kata Sis Apik. 
 
Menurutnya dengan kehadiran layanan Samsat Online Nasional, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor lebih cepat, praktis dan murah melalui seluruh jaringan ATM Link dan Internet Banking BRI. "Dengan demikian prebankan dapat berperan aktif mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya dalam penerimaan pajak di Indonesia," imbuhnya. 
 
Disebutkan Sis Apik, dengan jaringan yang tersebar dan terbesar di Indonesia yakni lebih dari 9 ribu kantor, 330 ribu jaringan e-channel,  dan 272 ribu Agen BRILink, pihaknya dapat memberikan keleluasaan layanan perbankan bagi instansi pemerintah maupun masyarakat luas. 
 
Perbankan pun kata dia berkomitmen untuk senantiasa mendukung penerimaan pajak dan memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam melakukan transaksi pembayaran pajak di pusat maupun di daerah. "Kami ingin semua lapisan masyarakat dapat menikmati kemudahan pembayaran pajak dan sumbangan wajib dana kecelakaan secara online melalui sistem perbankan," ucapnya.