Percepat Tol Denpasar-Gilimanuk | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 12 Juli 2020
Diposting : 23 November 2018 12:14
San Edison - Bali Tribune
TOL – Di Bali baru ada Tol Bali Mandara yang memecah kemacetan jalur Denpasar-Nusa Dua-Bandara Ngurah Rai. Setelah sukses membangun Tol Bali Mandara, muncul wacana percepatan pembangunan Tol Denpasar-Gilimanuk seperti aspirasi yang disampaikan Komisi III DPRD Bali kepada Komisi IV DPR RI, di Jakarta.
 
BALI TRIBUNE -  Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali I Nengah Tamba bersama anggota, menyampaikan aspirasi ke Komisi V DPR RI, di Jakarta, Kamis (22/11). Tamba didampingi sejumlah anggota Komisi III DPRD Provinsi Bali, di antaranya I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi WS, Wayan Adnyana, Kadek Diana, Kadek Nuartana, dan lainnya. 
 
“Kami menyampaikan aspirasi ke Komisi V DPR RI, sekaligus memperjuangkan dan mengawal anggaran infrastruktur untuk Bali," kata I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi WS, melalui saluran telepon, usai penyampaian aspirasi yang diterima oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Anton Sukartono Suratto, itu. 
 
Menurut Diah Srikandi, dalam pertemuan dimaksud dirinya menyampaikan beberapa hal kepada Komisi V DPR RI. Salah satunya terkait kondisi ruas jalan Denpasar-Gilimanuk. 
 
"Selaku wakil rakyat yang mewakili Kabupaten Jembrana, saya menyampaikan aspirasi tentang kondisi jalan Denpasar-Gilimanuk yang harus mendapat perhatian pusat," jelas Diah Srikandi, yang pada Pileg 2019 kembali tampil sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Jembrana nomor urut 2 Dapil Jembrana dari PDI Perjuangan. 
 
Menurut dia, pada ruas jalan Denpasar-Gilimanuk yang merupakan jalan nasional, sangat sering terjadi kecelakaan. Bahkan, kata dia, ruas jalan ini sering disebut sebagai 'jalur tengkorak' lantaran seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas. 
 
"Di jalan nasional ini sangat sering terjadi kecelakaan, sehingga dipandang perlu diadakan pelebaran," ujar Diah Srikandi. 
 
Dalam aspirasinya, Diah Srikandi juga mendorong percepatan realisasi pembangunan jalan Tol Denpasar-Gilimanuk. Apalagi wacana ini juga masuk program Gubernur Bali Wayan Koster. 
 
"Saya juga tekankan agar jalan Tol Denpasar-Gilimanuk bisa segera direalisasikan, karena wacana ini sudah hampir beberapa tahun dan belum terealisasi karena terkendala anggaran. Apalagi program jalan tol ini masuk dalam program Gubernur Bali," tandas Diah Srikandi. 
 
Ia berpandangan, kehadiran Tol Denpasar-Gilimanuk ini tentu akan sangat mendukung perkembangan industri pariwisata di Bumi Makepung ke depan. Apalagi saat ini Pemkab Jembrana sedang menggarap potensi-potensi Desa Wisata dalam rangka mendukung kemajuan pariwisata di ujung barat Pulau Dewata itu. 
 
"Dalam rapat ini, Bapak Anton selaku Wakil Ketua Komisi V DPR RI, berjanji akan menyampaikan hal ini kepada kementerian, sehingga jalur Denpasar-Gilimanuk akan menjadi prioritas," pungkas Diah Srikandi, yang juga Bendahara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Bali.