Perdana Pasca-pandemi, Wisatawan Tiongkok Mendarat di Bali Bertepatan Perayaan Imlek | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 Januari 2023
Diposting : 22 January 2023 19:55
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / WISATAWAN - penyambutan kedatangan wisatawan Tiongkok dari Shenzhen di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bertepatan perayaan Imlek tahun 2023
balitribune.co.id | KutaGubernur Bali, Wayan Koster menyambut kedatangan wisatawan Tiongkok di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Badung, Minggu (22/1) bertepatan perayaan Imlek 2574 Kongzili. Kedatangan wisatawan dari Negeri Tirai Bambu ini ke Bali menggunakan pesawat carter dari Bandara Internasional Bao'an Shenzhen, Guangdong  
 
Setelah menempuh durasi waktu penerbangan sekitar 4 jam 55 menit, pesawat Lion Air Boeing 737-900 ER dengan kode penerbangan JT2648 dari Shenzhen mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pukul 10.35 WITA. Penerbangan perdana internasional secara langsung dari Tiongkok ke Pulau Dewata pasca-pandemi Covid-19 ini membawa 193 penumpang dewasa, 17 anak-anak serta 2 balita.
 
Gubernur Koster didampingi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati kepada awak media mengatakan, kedatangan wisatawan dari Tiongkok pasca-pandemi Covid19 ini merupakan respon dari pembicaraan dirinya bersama Presiden Tiongkok, Xi Jinping pada pertemuan KTT G20 tahun 2022 lalu. "Ini merupakan hari yang baik tanggal 22 Januari 2023. Tanggal 22 dalam visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali itu adalah angka suatu kemenangan, suatu pencapaian prestasi yang terbaik. Tanggal 22 ini dengan hadirnya wisatawan dari Tiongkok saya yakin pariwisata Bali ini akan bangkit," katanya. 
 
Ia berharap penerbangan dari Tiongkok ke Bali akan terus berlanjut dan bertambah sampai Desember 2023. Melalui kedatangan perdana wisatawan Tiongkok ke Bali ini diharapkan dapat menambah geliat kebangkitan sektor pariwisata Pulau Dewata pasca-imbas pandemi. "Mudah-mudahan tahun ini (jumlah kedatangan wisatawan Tiongkok) akan bangkit kembali sesuai yang kami rencanakan tahun 2023 ini momentum bangkitnya pariwisata Bali," ujar Koster. 
 
Setelah berwisata di Bali selama 6 hari, pesawat dari maskapai Lion Air dengan kode penerbangan JT2649 akan kembali mengantar wisatawan Tiongkok ke Shenzhen pada Sabtu 28 Januari 2023 sekitar pukul 23.55 WITA dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.