Perpustakaan Karangasem Gelar Lomba Literasi Ditengah Covid-19 | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 01 November 2020
Diposting : 1 October 2020 11:56
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / Perpusatakaan dan arsip daerah Kabupaten Karangasem melaksanakan lomba Literasi secara virtual

balitribune.co.id | Amlapura - Massa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem untuk menggelar berbagai kegiatan rutin Nasional tahunan, yakni Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) dan Bulan Gemar Membaca  (BGM) Kabupaten Karangasem tahun 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa lomba secara virtual, menyesuaiakan suasana pandemi dengan melibatkan anak didik dari berbagai tingkatan sekolah se-kabupaten Karangasem. Tiga jenis kegiatan lomba tersebut meliputi Mewarnai Gambar TK/PAUD, Membaca Puisi Bahasa Indonesia SMP/MTs dan Menulis Esai SMA/SMK/MA. Untuk kali pertama kegiatan tersebut, Dispustaka bersinergi dengan dua lembaga lainnya di Karangasem yang berkecimpung dibidang literasi, yakni Komunitas Lietarsi Karangasem (KLK) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Karangasem.

Pengumuman para pemenang dan penyerahan  hadiah  piala, piagam dan uang pembinaan diserahkan oleh Kepala Dispusataka Karangasem, I Wayan Astika, di Aula Disputaka Karangasem. Sedangkan proses penilaian secara virtual serentak semua lomba digelar bertepatan dengan puncak HKP-BGM, Senin (14/9/2020) lalu.

“Karena suasana pandemi, dalam Lomba Mewarnai Gambat TK/PAUD, dilakukan secara virtual, peserta mengirim hasil rekaman gambar yang telah diwarnai ke link yang disiapkan panitia,” tegas I Wayan Astika, Kamis (1/10/2020).

Sedangkan Lomba Membaca Puisi SMP/MTs, peserta mengirim hasil rekaman baca puisinya melalui link bentuk video landscape format MP-4, dan memiliki resolusi standar minimal 540p. Hanya satu judul puisi pilihan “Merah Putih Berkibar di Sudut Rumah”, karya Ida Ayu Sugiantari, dimana kreteria penilain baca puisi meliputi gestur, artikulasi, penghayatan, intonasi dan penampilan.

Astika mengatakan, meskipun suasana masih pandemi Covid-19, aktivitas berliterasi tidak boleh berhenti, “Justru momen pandemi HKP dan BGM inilah, kita diberikan banyak inovasi membangkitkan literasi di kalangan pelajar dan masyarakat. Peranserta masyarakat dan lembaga terkait agar tetap memberikan wadah agar generasi muda mendapat ruang berkreasi,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Pantia Lomba yang juga ketua KLK, I Made Regeg, mengaku sangat  mengapresiasi partsipasi para peserta meskipun suasana pandemi Covid -19. Dia berharap kepada peserta, lomba ini dapat dijadikan ajang pengalaman untuk mengikuti lomba berikutnya.