Piodalan di Pura Pucak Sangkur, Bupati Tabanan Doakan Kerahayuan Jagat | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Februari 2023
Diposting : 27 October 2022 00:20
JIN - Bali Tribune
Bali Tribune/ SEMBAHYANG - Bupati Sanjaya persembahyangan piodalan di Pura Pucak Sangkur, Desa Adat Kembang Merta, Desa Candi Kuning, Baturiti Tabanan, Rabu (26/10/2022).

balitribune.co.id | Tabanan - Bertepatan dengan Rahina Pagerwesi, Kliwon Wuku Sinta, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, mengajak jajaran Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk mengikuti persembahyangan piodalan di Pura Pucak Sangkur, Desa Adat Kembang Merta, Desa Candi Kuning, Baturiti Tabanan, Rabu siang (26/10/2022).

Moment persembahyangan bersama tersebut, ditujukan Bupati Tabanan untuk berdoa dan memohon kerahayuan jagat Tabanan terutama setelah melalui musibah bencana akibat cuaca buruk beberapa waktu lalu. Turut mengikuti Anggota DPRD Tabanan, Sekda, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Baturiti, Bendesa Adat dan Perbekel Desa setempat.

Setibanya di Pura Pucak Sangkur, Bupati Tabanan segera melangsungkan persembahyangan yang berjalan dengan khidmat. Piodalan yang berlangsung selama 3 hari tersebut diempon oleh Desa Adat Antapan dan Kembang Merta dan dilaksanakan oleh pemedek sebanyak 4 kali persembahyangan yakni di Pura Beji, Pura Dalem Penerang, Pura Ida Bagus Sakti dan Pura Luhur Pucak Sangkur.

Selain memohon kerahayuan jagat, momen persembahyangan ini juga ditekankan sebagai bentuk komitmen menjaga kebersamaan dan kekompakan dalam menjalankan roda pemerintahan. "Saya senantiasa mengajak para jajarannya untuk menyeimbangkan pembangunan secara sekala dan niskala, yakni, tak hanya mengimplementasikan program-program kerja secara nyata tapi juga diimbangi dengan pengabdian dan shradda bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan yang Maha Esa," ungkapnya.

Bupati Sanjaya meminta seluruh jajaran untuk terus berdoa bagi kebangkitan dan pulihnya Kabupaten Tabanan tidak hanya karena terimbas oleh Pandemi Covid-19 tapi juga karena terdampak oleh bencana banjir dan longsor di beberapa lokasi di Tabanan beberapa waktu lalu, agar menjadi pembelajaran untuk selalu siap dan tanggap terhadap bencana serta kesegeraan bangkit untuk kembali membangun.

Pihaknya juga berterima kasih atas kebersamaan dan persatuan dari segala lini baik pemerintah dan masyarakat yang telah bekerja keras, berkolaborasi dan berpartisipasi memperbaiki titik-titik lokasi yang mengalami kerusakan pasca bencana. "Sikap gotong-royong, serta kerja tulus dan serius sangat diharapkan dan dapat ditingkatkan lebih baik lagi, agar segera terwujud Visi dan Misi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM)," tandasnya.