PLN Dapat Suplay Energi 3,8 Juta Kwh secara Cuma-cuma | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Desember 2021
Diposting : 15 February 2018 23:21
Agung Samudra - Bali Tribune
penadatanganan
PENANDATANGANAN – Acara penadatanganan berita acara COD antara Perusda Bangli dengan PLN Distribusi Bali.

BALI TRIBUNE - Keuntungan diraih PLN Distribusi Bali, pasalnya perusahaan ini mendapat pasokan energy secara cuma-cuma dari PLTS Bangklet. Kalau mengacu Permen 39 Tahun 2017 harga daya listrik Rp 750/Kwh maka bila dikomrsilkan sekitar 3 Miliar.

Direktur Perusda BMB Bangli Gusti Gede Satria Wira Tanaya mengatakan PLTS Bangklet sendiri sudah dioperasikan sejak 2013 lalu, dimana  mana PLTS merupakan proyek pusat, yang dihibahkan kepada Pemkab Bangli. Kemudian ditindaklanjuti dengan membentuk Perusda yang bertugas mengelolanya. ”Selama lima tahun memang PLTS belum mampu menyumbang pundi-pundi PAD Bangli,” ujarnya. 

Gusti Tenaya mengungkapkan, agar energi hasil dari PLTS bisa dikomersilkan membutuhakan waktu yang lama, karena harus mengikuti alur birokrasi yang tidak mudah. Disinggung terkait hasil dari awal beroperasi hingga saat ini Gusti Tenaya menyampaikan setidaknya energi yang dihasilkan 3,8 Juta kwh. Kemudian energi tersebut bila komersilkan sekitar Rp 3 Miliar. "Itu Kalau harga mengacu Permen 39 Tahun 2017," ujaranya ditemui usai penandatangan berita acara operasi komersial dan jual beli tenaga listri antara Perusaha Daerah Bukti Mukti Bhakti (Perusda BMB) Bangli dengan  PLN Distribusi Bali, Rabu (14/2).

Gusti Tenaya menegaskan, pembangunan atau hasil PLTS tidak semata-mata untuk dikomersilkan namun lebih pada proses pembelajaran. PLTS Bangklet merupakan projek pertama di Indonesia, sehingga data yang di peroleh bisa menjadi kajian untuk pengembangan PLTS di lokasi lainya. Ia mengungkapkan PLTS Bangklet merupakan PLTS yang mendapatkan power purchase agreement (PPA). Ditambahkan untuk besaran yang akan disetorkan kedaerah, pihaknya masih akan melakukan hitung-hitungan dengan melibatkan tim akademisi.   

Sementara itu, Manajer Perencanaan PLN Distribusi Bali Putu Putrawan menyampaikan, nantinya untuk pasokan dari PTS Bangklet akan didistribusikan ke gardu PLN untuk melayani seluruh Bali.Sementara untuk harga,jika mengacu Permen 39 tahun 2017 yakni 750 per Kwh. Sebelum adanya legalitas formal ,pihaknya tidak berani melakukan pembayaran atas energy yang masuk dari PLTS Bangklet sebelumnya.