Pohon Asem Besar Tumbang Timpa Bale Pawedan, Penanganan Oleh BPBD Sampai 3 Kali | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 12 Juli 2020
Diposting : 25 May 2020 17:46
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / POHON - BPBD Karangasem menyelesaikan penanganan pohon asem besar yang tumbang menimpa bale pawedan di Setra Adat Padang Bai

balitribune.co.id | Amlapura - Sejumlah personil BPBD Karangasem terus berupaya menyelesaikan penanganan pohon asem berukuran besar yang tumbang yang menimpa Balai Pawedan, di Setra Adat Padang Bai, Kecamatan Manggis, Senin (25/5/2020). Sekretaris BPBD Karangasem, Eka Tirtana kepada Koran Bali Tribune menyebutkan, besarnya pohon yang tumbang tersebut menyebabkan penanganan tidak bisa dilaksanakan dalam sehari.

“Ini penanganan lanjutan, dan tadi (Senin,red) sudah selesai penanganan oleh anggota yang turun kelokasi kejadian,” ungkapnya.

Sebelumnya hujan yang disertai angin kencang yang melanda wilayah Karangasem beberapa hari lalu, telah mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di beberapa tempat di Karangasem, salah satunya terjadi di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem. Dimana saat itu pohon asem berukuran besar tumbang dan menimpa Bale Pewedan. Sejumlah warga saat itu dikagetkan dengan suara hentakan keras yang sampai membuat tanah disekitar lokasi kejadian bergetar, setelah di cek ternyata bangunan bale pewedan di Setra Adat Padang Bai sudah rusak tertimpa pohon asem yang tumbang tersebut.

Saat itu warga langsung berhamburan menuju kelokasoi kejadian dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Padang Bai dan BPBD Karangasem. Sejumlah personil BPBD yang tiba di lokasi kejadian saat itu telah berupaya untuk melakukan penanganan. Hanya saja batang pohon yang berukuran sangat besar membuat penanganan tidak bisa dilaksanakan dalam sehari.

“Penganan kita lakukan sampai tiga kali. Karena batang pohon asem yang tumbang itu ukurannya cukup besar,” sebutnya, sembari menambahkan untuk penaganan pihaknya dibantu oleh warga setempat dan anggota dari Bali Amatir Rescue (Bares) Karangasem.