Porsenides Kekeran Resmi Dibuka | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 05 Agustus 2020
Diposting : 20 June 2018 19:43
I Made Darna - Bali Tribune
Pembukaan Porsenides ditandai pelepasan balon, Minggu (17/6) di Lapangan Pratu Rai Mandra, Desa Kekeran,Mengwi.
BALI TRIBUNE - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta  membuka seecara resmi Pekan Olahraga dan Seni Desa (Porsenides) Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi, ditandai pelepasan balon, Minggu (17/6) di Lapangan Pratu Rai Mandra, Desa Kekeran.
 
Ketua Panitia pelaksana I Made Cahyana Adi melaporkan, Porsenides Kekeran mengambil tema "Melalui Porsenides Desa Kekeran tahun 2018 mari kita bersama sama melestarikan seni budaya dan tingkatkan sportivitas di dalam berolahraga menuju Kekeran hebat". 
 
Tujuan porsenides meningkatkan kreativitas di kalangan sekaa teruna baik di bidang seni, budaya dan olahraga. Serta meningkatkan rasa persaudaraan seluruh stakeholder di semua lapisan masyarakat Desa Kekeran. 
 
Kegiatan ini berlangsung selama 2 bulan dari tanggal 17 Juni hingga 17 Agustus 2018. Kegiatan yang dilombakan yaitu di bidang seni, lomba sloka, kidung tingkat SD, lomba palawakia tingkat SMP, lomba kekawin dan macepat tingkat Sekaa Teruna, parade baleganjur seluruh seka teruna yang ada di Desa Kekeran serta tari rejang renteng PKK. 
Sedangkan dibidang olahraga, lomba futsal tingkat Sekaa Teruna, tenis meja tingkat SMP, bulutangkis SMA atau Sekaa Teruna dan lomba megala-gala PKK.
 
Perbekel Kekeran I Nyoman Suarda mengatakan, porsenides ini merupakan program Desa Kekeran dalam upaya pemberdayaan dan pembinaan masyarakat. Pembukan porsenides diawali dengan pementasan rejang renteng dengan penari sebanyak 105 orang dari PKK Desa Kekeran dan pementasan Baleganjur dari Sekaa Teruna Banjar dengan jumlah 7 (tujuh) Banjar Dinas.
 
Sementara Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyambut baik Porsenides Kekeran. Ini menandakan Desa Kekeran telah menunjukkan kekompakan untuk menanamkan satu visi satu tujuan. Bupati juga sangat bangga terhadap sekaa teruna yang terus meningkatkan kreativitasnya dibidang seni budaya salah satunya pementasan seni baleganjur ini. Menurutnya Pemkab Badung telah berkomitmen hadir ditengah-tengah masyarakat dan meringankan beban dari masyarakat. Diharapkan pula di Desa agar diwujudkan TK Hindu berbahasa ibu, karena bahasa bali itu merupakan bahasa wajib. "Basa Bali itu wajib, bahasa Indonesia itu dilaksanakan dan bahasa Inggris dipelajari," tambah Bupati.