Pratima Dewi Durga Pura Dalem Sakti Petemon Raib | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 14 Juli 2024
Diposting : 3 September 2020 18:19
I Nyoman Astana - Bali Tribune
Bali Tribune /Warga Menunjukkan Gedong penyimpenanan Pura Dalem Sakti Petemon yang dibobol Maling

balitribune.co.id | Gianyar - Di masa pandemi Covid-19 ini, dua pura sudah menjadi sasaran pelaku pencurian. Kali ini yang disasar adalah Pura Dalem Sakti Desa Adat Petemon, Desa Pejeng Kelod, Tampaksiring.  Di Pura ini pelaku berhaisl membawa kabur Pratima yang berupa dewi durga serta satu kotak bunga emas. Hingga kini petugas masih melakukan oleh TKP dan dan meminta keterangan sejumlah saksi.

Dari informasi yang diterima, Kamis (3/9), kejadiannya diperkiraakan hari Rabu yang diketahui pertamakali oleh pemangku Pura saat melakukan persembahyangan Bulan Purnama. Pemangku Pura yakni, Mangku Dewa Putu Sumerta sembahyang bersama istrinya mengaku terkejut saat hendak menghaturkan sesajen di gedong penyimpenan. Karena mendapati pintu gedong terbuka dan isinya acak-acakan. Atas kondisi itu, pemangku lantas memberitahukan Bendesa Adat dan melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian.

Disebutkan di dalam gedong penyimpenan tersebut diketahui berisikan satu buah pratima berupa dewi durga dan sebuah kotak yang berisikan 15 tangkai bunga emas. "Semuanya hilang dicuri, pihak kepolisian pun sudah datang kemari untuk melakukan penyelidikan," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasubag Humas Polres Gianyar Iptu I Ketut Suarnata membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan. "Polsek Tampaksiring dan Polres Gianyar sedang melakukan penyelidikan.  Petugas masih bekerja, mudah-mudahan kita temukan titik terang yang mengidentifikasikan pelaku,” terangnya singkat.