Presiden Jokowi Buka PKB Didampingi Iriana | Bali Tribune
Diposting : 14 June 2019 15:52
Izzarman - Bali Tribune
Bali Tribune/ PKB – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana saat pembukaan PKB 2018.
balitribune | Denpasar - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana dan keluarga serta sejumlah Menteri dijadwalkan membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke- 41, Sabtu (15/6) pukul 19.30 Wita. Sebelumnya, pukul 14.00 Wita Presiden melepas pawai PKB di Depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala Denpasar.
 
"Beliau (Presiden) akan hadir bersama keluarga istri, anak, dan cucu tanggal 15 (Juni) dan baru balik tanggal 16 (Juni). Bahkan saya dengar Ibu Negara Iriana akan mengajak istri para menteri (kabinet Jokowi) paling banyak ada 15 orang," kata Gubernur Bali I Wayan Koster di Kantor Gubernur Bali, Senin (10/6) lalu.
 
Sebelum membuka even tahunan itu di Taman Budaya Bali, Jokowi akan melepas pawai peserta di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala, Renon. Peserta pawai terdiri dari kontingen ISI Denpasar, SKMN 3 Sukawati, Gianyar, dan partisipasi dari ISBI Papua, Dispora Jawa Timur, China dan kontingen 9 kabupaten/kota. Sebanyak 4.370 orang akan ikut serta dalam pawai tersebut.
 
"Selanjutnya, pada malam hari Presiden Jokowi juga membuka PKB di panggung terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Art Center pada hari yang sama pukul 19.30 Wita, " lanjut Koster. 
 
Koster mengatakan, Jokowi wajib hadir karena ini adalah bentuk apresiasi menang telak pada pileg April 2019 lalu. 
"Karena suaranya 91,6%, makanya saya bilang ke Pak Jokowi, datanglah ke Bali untuk menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi, khususnya Bali karena paling tinggi menangnya," ujar Koster. 
 
"Bali 91,6 persen, Papua itu 90 persen, di bawahnya itu NTT 88 persen, di bawahnya itu ada Papua Barat 80 persen," lanjut dia. 
 
PKB kali ini, Bali mengusung tema "Bayu Pramana: Memuliakan Sumber Daya Angin. Artinya, menjiwai seluruh isi kegiatan PKB dari pawai pergelaran, parade, lomba, pameran, sarasehan dengan ikut sadar akan memuliakan energi dan kekuatan alam. Acara ini akan dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 15 Juni hingga 13 Juli 2019. 
Pameran PKB tahun ini akan diikuti oleh 304 peserta dengan menghadirkan hasil karya lebih dari 4 ribu seniman domestik dan mancanegara. Di antaranya, Amerika Serikat, Jepang, China, India, Korea. 
 
PKB 2019 akan diisi tujuh pergelaran setiap hari atau total 220 pergelaran dalam sebulan pelaksanaan. PKB juga dimeriahkan oleh 11 duta seni dari dalam negeri dan 21 partisipasi dari berbagai daerah di Indonesia. Selain pagelaran, ada juga 38 jenis lomba, 10 lokakarya, serta kegiatan seni lainnya dalam pesta kesenian tersebut. 
 

Hukum & Kriminal

Terpopuler