PSR Gebrak Pulau Dewata, Gelontor 1.000 Vaksin Hingga Ribuan Sembako | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 31 August 2021 17:06
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / Putu Supadma Rudana (PSR) menggunakan mobil pick up menyalurkan sembako saat roadshow di Bali
balitribune.co.id | Denpasar - Putu Supadma Rudana (PSR) menggelontorkan sejumlah bantuan untuk masyarakat Bali ditengah pandemi Covid-19. Kali ini PSR membantu 1.000 vaksin Sinovac untuk membantu Krama/warga Bali, dengan tujuan memaksimalkan gerakan vaksinasi di Pulau Dewata. Mengingat pemerintah Bali sedang menggenjot target capaian vaksinasi. 
 
"Gerakan vaksinasi di Bali sudah cukup gencar, namun kami membantu 1.000 vaksin Sinovac lagi untuk mengcover masyarakat yang mungkin ada tercecer atau belum terlayani vaksinasi. Sehingga herd immunity (kekebalan komunal) di Bali makin cepat tercapai, Bali bangkit, ekonomi masyarakat bisa cepat pulih," ujar politisi senior Partai Demokrat yang juga Anggota Komisi VI DPR RI membidangi BUMN ini.
 
Ia yang menjabat Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR RI Dapil Bali, menyalurkan bantuan melalui roadshow dengan tema "Supadma Rudana Menyama Braya" dalam rangka pemulihan Bali dari pandemi Covid-19. Secara perdana, roadshow digelar di kabupaten paling barat Pulau Bali, yakni Kabupaten Jembrana, Selasa (31/8) pagi. Aksi PSR Menyama Braya akan terus berlanjut di kabupaten/kota di Bali sampai perekonomian masyarakat Bali pulih.
 
PSR mengawali pertemuan dengan masyarakat di Kabupaten Jembrana, dengan menyerahkan 1.000 vaksin Sinovac secara simbolis kepada Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana Gede Patriana Krisna. Untuk selanjutnya, vaksinasi kepada masyarakat akan dilaksanakan pemerintah daerah Kabupaten Jembrana melibatkan tenaga kesehatan dan stakeholder terkait.
 
 
PSR juga menyerahkan 2.200 paket sembako dalam bentuk beras kepada masyarakat Jembrana. "Beras untuk masyarakat ini kami beli dari petani di Kabupaten Tabanan. Kami membantu masyarakat dan petani lokal di Bali, agar produk petani juga terserap," beber Wasekjen DPP Demokrat ini.
 
Beberapa bantuan yang juga diserahkan kepada masyarakat secara bersamaan adalah 1.000 paket vitamin, Dana Punia untuk para Pemangku/Pinandita yang diserahkan di Pura Jagatnatha Jembrana. "Para pamangku kita persembahkan Dana Punia, sementara untuk masyarakat kita berikan vitamin untuk menjaga kesehatan dan imun ditengah pandemi Covid-19," tegas PSR.
 
Bantuan lainnya pun dikucurkan PSR yakni modal untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19, bantuan sosial untuk Tim Kesenian Jegog, bantuan sosial bagi Tim Makepung, hingga bantuan bola voli kepada Tim Bola Voli di Jembrana. Penyerahan diterima perwakilan, sebagai bagian untuk menjaga protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19. 
 
PSR mengatakan hadir di kabupaten paling barat Bali, sebagai pemantik aksi sosial di seluruh pulau ini. "Kita akan terus hadir di tengah masyarakat, untuk cepat pulihnya Bali dari dampak pandemi Covid-19 ini. Setelah di Jembrana kita lanjut ke kabupaten/kota meneruskan Bhakti kita kepada Krama Bali. Kita hadir, peduli dan memberi solusi," ujar politisi asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar ini.
 
Sebelumnya, saat awal pandemi Covid-19 melanda Bali tahun 2020 lalu, sebanyak 8.000 paket sembako, alat pelindung diri digelontor PSR untuk Krama Bali. Kemudian aksi PSR berlanjut pada Mei 2021 lalu, membawa oleh-oleh berupa 5.000 sembako, yang diserahkan kepada Krama Bali yang terdampak di kabupaten/kota. Selain itu, PSR juga menyerahkan bantuan 60 ekor kambing kepada masyarakat Bali yang merayakan Hari Idul Adha. 
 
Sementara untuk penguatan perekonomian masyarakat Bali, khususnya pelaku usaha ultramikro, PSR telah memberikan pelatihan, pemasaran produk dan manajemen keuangan. Program ini adalah membina para UMKM dalam mengelola modal, strategi pemasaran produk secara digital, ditengah pandemi Covid-19.