Pulihkan Ekonomi melalui Koperasi | Bali Tribune
Diposting : 12 July 2022 21:13
JIN - Bali Tribune
Bali Tribune / HADIR - Bupati Sanjaya hadiri puncak Hari Ulang Tahun Koperasi ke-75.

balitribune.co.id | TabananKoperasi memiliki peran yang sangat penting dalam pemulihan ekonomi, terlebih di situasi pasca pandemi Covid-19. Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya berharap keberadaan koperasi di Kabupaten Tabanan bisa menjadi partner pemerintah dalam memulihkan situasi ekonomi.

Hal tersebut terungkap saat Sanjaya menghadiri puncak Hari Ulang Tahun Koperasi ke-75 di Tingkat Kabupaten Tabanan, di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Selasa (12/7).

Hari Ulang Tahun Koperasi Nasional tahun 2022 yang mengambil tema Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan, dan tema di tingkat daerah yakni, Pemulihan Ekonomi Kedaulatan Pangan dan Energi Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), menjadi sangat penting dan strategis serta relevan untuk memajukan koperasi. Sebab diperlukan tindakan kongkrit untuk transofrmasi total, baik dalam cara pandang maupun dalam mengelola koperasi secara baik dan benar.

Dekopinda di Kabupaten Tabanan, sebagai lembaga yang mewadahi gerakan koperasi yang memiliki fungsi dan tugas sebagai penunjang kerja Pemerintah dalam tugas dan kegiatannya selalu berada dan bersama dengan koperasi dalam segala kegiatan, terutama yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM koperasi, perlindungan, pemberdayaan, penguatan melalui kebersamaan dan gotong-royong.

Bupati Sanjaya sampaikan selamat bagi Gerakan Koperasi Indonesia yang telah mencapai usia 75 tahun, menandakan kematangan dalam berorganisasi dan kemampuan menjawab berbagai tantangan jaman. Tema yang diambil Dekopinda tahun ini juga diakui sangat sepaham untuk Tabanan Era Baru, termasuk dalam Visi Tabanan yang pertama yakni Ketahanan Pangan, Sandang dan Papan.

Secara kuantitatif, perkembangan koperasi di Tabanan ini sudah meningkat begitu pesat. Hingga bulan Juni 2022, telah tercatat jumlah koperasi yang beroperasi sebanyak 574 Koperasi dengan jumlah anggota 92.350 orang di Kabupaten Tabanan. Dari jumlah tersebut, banyak koperasi yang telah maju dan memberikan manfaat bagi anggota serta masyarakat di sekitarnya. Terutama masyarakat yang menggiatkan sektor pertanian dan pangan di Tabanan.

Pihaknya berharap peringatan Hari Ulang Tahun ini dapat dijadikan gerakan bersama mendorong pembangunan koperasi agar tumbuh sejajar dengan badan usaha lain. Serta memiliki sensitifitas tinggi dalam pengembangan usaha dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

I Nyoman Wirna Ariwangsa, selaku Ketua Dekopinda menyampaikan, serangkaian kegiatan menuju puncak HUT ke-75 telah dilakukan di antaranya gerakan kebersihan, Rakerda Koperasi, workshop tentang advokasi dan presentasi masalah koperasi, sembahyang bersama, bakti sosial hingga gerak jalan santai. Pihaknya menyampaikan, keberhasilan koperasi untuk dapat tumbuh dan berkembang di Tabanan, tidak terlepas dari dukungan dan komitmen dari pemerintah Kabupaten Tabanan khususnya Bupati Tabanan dan jajarannya. Pihaknya meyakini, dengan dukungan, kerja keras dan disiplin kerjasama, cita-cita membangun Tabanan Era Baru bisa diwujudkan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler