Puluhan Crosser Taklukkan Jalur Guminten | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 20 Oktober 2021
Diposting : 30 October 2018 06:12
Redaksi - Bali Tribune
Para crosser saat mencoba jalan baru di Dusun Guminten
 BALI TRIBUNE - Proyek pembukaan akses jalan baru di Dusun Guminten, Desa/Kecamatan Sidemen, Karangasem, ternyata mencuri perhatian crosser di Bali, itu lantaran akses jalan sepanjang 3.000 meter tersebut memiliki medan cukup menantang sehingga membuat para crosser ini gatal menjajal medan dengan kemiringan ekstrem tersebut. Sejak dua hari belakangan ini puluhan crosser dari Karangasem dan Kintamani terus berdatangan untuk adu nyali menaklukkan medan jalan baru hasil kerja Tim TMMD-103 TNI tersebut.
 
 Sabtu (17/10) dan Minggu (28/10) kemarin, suara mesin Moto Cross meraung diatas badan jalan tanah dan berbatu yang melintasi jurang dan bukit terjal tersebut. aksi para Crosser ini cukup menarik perhatian dari masyarakat setempat termasuk pasukan TMMD yang tengah melaksanakan tugas menuntaskan pembukaan akses jalan tersebut. Gede Agus Ariawan yang kebetulan juga merupakan anggota polisi di Polres Karangasem bersama sembilan orang Crosser, Minggu kemarin juga ikut menjajal medan sulit jalur baru Guminten itu.
 
 Beberapa kali para Crosser ini gagal dan harus berjuang keras menaklukkan jalan tanah yang terjal dan berbatu tersebut, kendati mereka beberapa kali juga harus terjatuh dan bergulingan di tanah lantaran tidak bisa mengendalikan Motor Cross yang mereka kendarai. Hingga teknik akhirnya ditemukan dan para Crosser ini berhasil menaklukkan medan sampai di garis finish yakni di parkiran Pura Dewangga Sidemen.
 
 “Medaannya luar biasa menantang, harus berulangkali mengambil ancang-ancang utuk bisa menaklukkan lintasan,” ungkap Jro Mangku Gunawan, salah satu Crosser asal Bangli yang ikut adu nyali kemarin. Kesulitannya kata dia selan sudut kemaringan jalan yang ekstrim, badan jalan juga belum dipadatkan sehingga menambah sulit lintasan. Namun demikian dirinya bersama Crosser lainnya mengaku cukup puas telah berhasil menaklukkan medan jalan hasil kerja keras TMMD tersebut.
 
 Kehadiran para Crosser ini mendapat sambutan hangat dari Dandim 1623 Karangasem, Letkol, Inf. Benny Rahardian yang kemarin juga berada dilokasi proyek TMMD. “Ini akan menjadi bahan laporan saya ke Panglima terkait kondisi riil jalan yang telah berhasail dibangun ini,” tegas Benny Rahardian yang juga Dan Satgas TMMD ke 103 tersebut.