Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Dibangun Tahun Depan | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 20 Oktober 2021
Diposting : 16 December 2020 07:22
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ BANGUN - Balai Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat bakal dibangun di Siku, Kamasan.
Balitribune.co.id | Semarapura - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan finalisasi rencana pembangunan Balai Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat yang terletak di Banjar Siku Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Selasa (15/12), guna memastikan dan menentukan tata letak gedung serta fasilitas pelengkapnya. 
 
Menurut Bupati Suwirta, selama ini sudah banyak warga yang mengikuti pelatihan kerja dan pemberdayaan tapi tidak diwadahi dengan baik. Setelah kembali mengikuti pelatihan, sebagian malah tidak berbuat apa atau meneruskan ilmu yang diperolehnya. Kedepan setelah gedung selesai dibangun dan beroperasi, di tempat ini warga akan terus dibina dan dirangkul dan diwadahi dalam koperasi untuk terus membuat produk dan dipasarkan secara bersama-sama.  
 
"Hari ini kita melakukan finalisasi rencana pembangunan gedung Balai Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat. Pembangunan gedung ini merupakan cita cita saya dalam upaya menciptakan wirausaha baru dan mendukung ekonomi kerakyatan. Ke depan, masing masing desa nantinya mengirimkan warganya sebagai peserta untuk mengikuti pelatihan dan pemberdayaan. Setelah selesai mengikuti pelatihan, peserta selanjutnya akan dirangkul dan diwadahi untuk terus berproduksi, jika ada yang ingin meneruskan sendiri juga dipersilahkan namun akan terus diawasi dan dibina sehingga benar benar mampu mandiri hingga berhasil.” ujar Bupati Suwirta.
 
Perihal lokasi gedung yang menggunakan lahan TK Hindu Kumara Dewa, Bupati Suwirta berencana akan melakukan penggabungan dengan sekolah TK milik Desa Kamasan. Dengan menggunakan lahan bekas SDN 4 Kamasan, yang telah diregrouping. Gedung ini selanjutnya akan dilakukan perbaikan total dan dijadikan gedung TK Negeri Hindu Kamasan.
 
Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya mengatakan Pembangunan Gedung Balai Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat akan dimulai pada tahun 2021 dengan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 3,37 miliar. Selain perkantoran dan ruang rapat, gedung nantinya juga akan dilengkapi dengan showroom dan ruang teori. Lahan yang akan dipergunakan seluas 570 m2. Ditambah dengan area gedung TK Hindu seluas 1350m2 yang terletak di belakannya yang akan digunakan sebagai tempat pelatihan.