Ratusan Lansia Menari Pendet Massal | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 30 November 2020
Diposting : 30 May 2016 14:01
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
pendet
PENDET MASSAL - Ratusan Lansia se-Kota Denpasar menarikan Tari Pendet secara massal memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN), Minggu (29/5) di halaman Graha Sewaka Dharma, Lumintang. Inset: Lansia mengikuti lomba menari Joged Bumbung,

Ratusan Lansia se-Kota Denpasar antusias memeragakan Tari Pendet secara massal serangkaian memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN), Minggu (29/5), di halaman Graha Sewaka Dharma, Lumintang. Walaupun usia tua, namun tidak menghalangi niat para lansia tersebut untuk tetap "ngegol"  di hadapan penonton yang hadir pada acara tersebut.

Selain menari tari Pendet Massal, ratusan Lansia ini juga tampak antusias  mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan Pemkot Denpasar melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pemkot Denpasar. Para lansia tampak lincah saat mengikutu lomba menari joged bumbung, lomba mengenjekan, lomba busana berpasangan ke pura ala tempo dulu, lomba pesantian, dan senam lansia.

Dengan raut wajah yang gembira serta gerakan yang enerjik,  tak jarang aksi para lansia tersebut membuat decak kagum dan gelak tawa para penonton serta pejabat yang hadir pada kesempatan tersebut seperti Wakil Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, dan Wakil Ketua PKK Kota Denpasar,  Antari Jaya Negara.

"Kegiatan ini sebagai upaya memberikan ruang berekspresi kepada para lansia lewat peringatan Hari Lanjut Usia (Halun). Dengan adanya kegiatan seperti ini, partisipasi para lansia sangat kami harapkan untuk membangun Kota Denpasar. Karena masih banyak sebenarnya yang bisa dikerjakan kepara para lansia kita untuk kepentingan pembangunan di Kota Denpasar kedepannya. Meski memasuki usia tua, akan tetapi para lansia tetap memiliki semangat tinggi untuk berkreasi dan berekspresi dengan sangat antusias," kata wakil walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di sela-sela kegiatan, kemarin.

Dikatakan Jaya Negara, Pemerintah Kota Denpasar berkomitmen untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakatnya. Dimana salah satu dari point kebahagiaan adalah bagaimana kita memberikan ruang kepada masyarakat baik itu ruang soasial maupun ruang beraktivitas. "Selain memperhatikan para lansia, tentunya perlu diperhatikan juga para kaum disabilitas," kata Jaya Negara.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Denpasar, I.G.A. Rai Anom Suradi mengatakan, selain lomba-lomba, berbagai kegiatan juga digelar dalam rangka menperingati Hari Lanjut Usia Nasional  di Kota Denpasar, diantaranya, bhakti sosial berupa pemberian sembako kepada Lansia kurang mampu, dan safari kesehatan gratis.

"Kami mengharapkan, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran para lanjut usia, keluarga, dan masyarakat akan arti pentingnya makna kehidupan berbangsa dan bernegara. Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia. Melalui peringatan Halun ini juga, kami berharap agar masyarakat untuk selalu meneladani dan menghargai keberadaan orang tua,” kata Anom Suradi.