Diposting : 27 July 2018 13:16
Arief Wibisono - Bali Tribune
BALI TRIBUNE - Dengan pertumbuhan populasi mencapai 90 juta orang para milenial saat ini adalah inisiator gerakan sosial ekonomi yang cenderung mengakses informasi lewat platform digital namun tetap memiliki kebutuhan untuk mendapatkan live experience dari suatu kegiatan. Hal ini terlihat dari bisnis hiburan offline yang hampir tidak pernah sepi pengunjung.
LOKET, selaku penyedia layanan komprehensif menilai peluang pertumbuhan bisnis manajemen event masih sangat luas dan sangat potensial. Melalui pengelolaan event mandiri yang sistematis dari Loket.com, siapapun kini bisa mempromosikan kegiatannya untuk menarik lebih banyak pengunjung guna meningkatkan angka penjualan tiket mereka dengan lebih signifikan.
Kegiatan kumpul komunitas di kota Denpasar merupakan kunjungan yang keempat sekaligus penutup dari rangkaian kegiatan showcase Loket.com di hadapan komunitas-komunitas kreatif. Dalam gelarannya, Loket.com mengunjungi empat kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar dimana kota-kota tersebut memiliki pertumbuhan komunitas kreatif organik yang sangat pesat dan diyakini mampu menyumbang pendapatan ekonomi masyarakat di kota masing-masing.
LOKET menilai, salah satu masalah utama yang dihadapi event creator adalah keterbatasan metode pemasaran tiket dan sarana promosi yang berdampak pada kurang maksimalnya pengunjung event mereka. Berangkat dari permasalahan di atas, Loket.com dirancang dengan sistem layanan mandiri (self-service) yang memungkinkan kreator event bisa memasang informasi soal event secara online dan juga diakses calon pengunjung secara real-time. "Kami berusaha merancang solusi yang relevan dengan kebutuhan target pasar dan end-user. Layanan mandiri sengaja dipilih untuk memberikan pengalaman event terbaik bagi kreator maupun calon pengunjungnya," tutur VP Consumer Solution LOKET, Rama Adrian yang ditemui di Seminyak, Kamis (26/7).
Seluruh proses dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online. Lewat Loket.com, para event creator juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan kegiatannya di beberapa rekan afiliasi LOKET , termasuk melalui aplikasi GO-JEK dengan layanan GO-TlX yang kini telah menjadi bagian dari LOKET. “Bahkan, nilai lebih yang kami tawarkan adalah event para kreator lokal ini berkesempatan untuk dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner (LDP) termasuk Blibli, tiket.com, Tokopedia, JD.lD dan lain sebagainya," ucap Rama.
Secara terpisah, CEO LOKET Edy Sulistyo mengungkapkan, kehadiran Loket.com di kota-kota tersebut merupakan bagian dari komitmen LOKET untuk memperkenalkan teknologi ke semua kalangan. "Loket.com dirancang dengan semangat demokratis, artinya kami meyakini bahwa teknologi adalah milik semua kalangan. Pengalaman menggelar event yang profesional lewat dukungan teknologi kini bisa dirasakan oleh event creator dan calon pengunjung tanpa memandang skala event tersebut. Kalangan komunitas dan individu kini bisa mengkreasikan event mereka dengan layanan mandiri dari Loket.com," katanya Edy.
Menurut Edy, Loket.com hadir untuk mendukung ruang gerak komunitas dan individu kreatif serta terciptanya ribuan event berskala kecil hingga menengah di Indonesia. Ekonomi kreatif di kota Denpasar dipandang sebagai modal pembangunan strategis dimana regulator dan anakanak muda kreatif turut mengambil peran dalam mempercepat pembangunan. Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Denpasar pada tahun 2017 pertumbuhan ekonomi mencapai 6,08% dan diperkirakan tahun 2019 akan mencapai 6,85%. "Harapannya, dengan showcase yang kami gelar di hadapan penggiat komunitas kreatif di kota Denpasar, akan semakin banyak aktivitas-aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Edy.