Rawat Pasien Kecelakaan Kerja, Rumah Sakit PLKK Akui Ketersediaan APD Langka | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 04 Agustus 2020
Diposting : 5 July 2020 18:41
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / APD - Penyaluran paket APD kepada rumah sakit PLKK yang merawat pasien kecelakaan kerja

balitribune.co.id | Gianyar Sebagai salah satu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, BPJAMSOSTEK berkomitmen untuk membantu upaya pemerintah menekan penyebaran virus Corona (Covid-19). Dalam hal ini dengan memberikan alat pelindung diri (APD) kepada rumah sakit sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) yang bekerja sama dengan BPJAMSOSTEK Cabang Bali Gianyar.  

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bali Gianyar, Imam Santoso menyatakan, kepada rumah sakit PLKK Kasih Ibu Saba diserahkan 25 paket APD berupa baju Hazmat, Face Shield, Masker N95, Google Safety, sarung tangan dan Boots Safety. "Ini adalah salah satu rangkaian kegiatan promotif dan preventif tahun 2020," ucapnya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, sejak pandemi tersebut menyebar di Bali, tenaga kesehatan berjuang melayani pasien Covid-19 yang sedang dirawat. Tenaga medis ini adalah para pahlawan kesehatan yang membantu pemerintah dalam menangani wabah global ini. 

Memang tidak dipungkiri bahwa saat ini ketersediaan APD untuk para medis masih langka. Hal itu diakui dr. I Gd Ngr Buana, M.Kes selaku Direktur Rumah Sakit Kasih Ibu Saba. Kata dia, bantuan APD sangat bermanfaat bagi tenaga medis untuk melakukan perawatan terutama terhadap pasien-pasien yang memiliki risiko Covid-19.

“Memang APD ini menjadi satu kendala karena ketersediaan yang masih langka dan ketidaksiapan terhadap kelengkapan dari APD tersebut bagi petugas-petugas kami," ungkapnya.

Seperti diketahui, selain tenaga medis, pandemi Covid-19 ini juga berpengaruh terhadap dunia kerja. Tak sedikit dari pemberi kerja yang terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap tenaga kerjanya. Tingginya jumlah PHK tersebut turut berpengaruh pada peningkatan jumlah klaim Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).