RSD Mangusada Siapkan Layanan VIP bagi Pasien Umum | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 Januari 2023
Diposting : 16 June 2022 20:27
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune / VIP – Rumah Sakit Daerah Mangusada dilengkapi ruangan VIP untuk pasien umum.

balitribune.co.id | MangupuraRumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada tengah menyiapkan pelayanan poliklinik Very Important Person (VIP) untuk masyarakat umum. Poliklinik VIP ini untuk memberikan pelayanan khusus kepada masyarakat yang ingin cepat mendapat pelayanan. Syaratnya mereka harus memakai kelas umum tidak menggunakan tanggungan BPJS.

Dirut RSD Mangusada dr I Wayan Darta, Kamis (15/7) menyatakan ruang yang digunakan VIP adalah ruang poliklinik sebelumnya yang lokasinya berada di sebelah ruang IGD.

Namun untuk poliklinik umum kini dibangun pada Gedung Baru yakni Gedung D di lantai II. 

"Pembangunan poliklinik VIP ini untuk memberikan pelayanan khusus bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan cepat," ujarnya.

Di poliklinik VIP ini akan disiapkan dokter khusus termasuk pelayanan yang lain. "Masyarakat yang menggunakan jalur umum bisa menikmati pelayanan poliklinik di VIP ini,” kata dr Darta.

Sementara untuk poliklinik umum yang berlokasi di Gedung D kini dimanfaatkan oleh masyarakat, hanya saja masyarakat harus mengantre sesuai dengan nomor urut. Layanan ini akan melayani masyarakat yang menggunakan jaminan kesehatan.

“Poliklinik umum biasanya lebih ramai karena untuk masyarakat yang menggunakan jaminan kesehatan," jelasnya.

Meski RSD membuat dua poliklinik yakni umum dan VIP, namun dr Darta memastikan pelayanan kesehatan masyarakat tidak ada perbedaan. Yang membedakan hanya pelayanan di VIP lebih cepat karena tidak perlu antre.

"Biasanya fasilitas VIP digunakan oleh masyarakat menengah ke atas. Untuk ruang rawat inap juga biasanya VIP," pungkasnya.