RSJ Terima Belasan Relawan Magang dari Luar Negeri | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 15 Juli 2020
Diposting : 13 March 2019 15:06
Agung Samudra - Bali Tribune
Bali Tribune/ MAGANG - Relawan SLV Global yang akan magang di RSJ Provinsi Bali di Bangli sedang berkelilig diareal rumah sakit.
Bali Tribune, Bangli - RSJ Provinsi Bali di Bangli baru saja menerima belasan relawan dari organisasi SLV Global yang berasal dari London, Inggris yang bekerjasama dengan Yayasan Bhakti Senang Hati. Para relawan ini akan melakukan kegiatan selama beberapa minggu, dan relawan datang dengan berkelompok dan terbagi dalam beberapa gelombang. 
 
Hal tersebut diungkapkan Direktur RSJ Provinsi Bali, I Dewa Gede Basudewa, Selasa (12/3). Dewa Basudewa menyampaikan, program ini dilaksanakan beberapa gelombang dan untuk gelombang pertama berlangsung dari tanggal 11 Maret sampai dengan 29 Maret 2019. "Tahun ini rencana 5 gelombang namun nantinya akan menyesuaikan kebutuhan. Untuk gelombang pertama ada 13 orang relawan,” jelasnya.  
 
Lebih lanjut, program ini merupakan kerjasama RSJ Provinsi Bali dengan relawan yang di kelola oleh Yayasan Bhakti Senang Hati (Indonesia) yang terlibat sebanyak 13 orang yang terdiri dari mahasiswa,  psikolog dari Inggris. "Untuk relawan asal dari beberapa negara seperti Inggris,  Amerika," ucapnya.
 
Direktur Dewa Basudewa mengatakan relawan dan tim RSJ akan menangani pasien yakni melaksanakan tugas rehabilitasi vokasional. Dalam hal ini anggota magang membantu dan memfasilitasi program vokasionalnya. “Program yang diterapkan dirancang bersama dan di asesmen bersama sehingga ada transfer pengalaman teori dan praktik,” terangnya.
 
Pihaknya menerangkan program vokasional adalah program agar pasien lebih fokus pada hal-hal penting, melakukan sosialisasi diri yang lebih banyak, melatih berpikir cepat, melatih kerjasama tim. "Melatih belajar hal-hal baru, berlatih dan bermain sambil bekerja, memproduksi kegiatan yang dihasilkan oleh sekelompok orang dan kegiatan lainya," jelasnya sembari menyebutkan pasien dapat memiliki keterampilan hidup bersosial, produktif apakah secara persial dengan pengkodisian sehingga menjadi proses belajar untuk hidup sehari-hari.
 
Sementara itu pasien yang terlibat dalam program ini adalah, pasien yang telah dipilih dan sudah mendapat rekomendasi dari dokter yang menangani. Kemudian pasien yang diikutkan adalah pasien yang sudah memasuki tahap rehabilitasi, bila ada rekomendasi dari dokter yang menangani baru bisa diikutkan. Di sisi lain, para relawan ini selama magang tinggal di luar rumah sakit.