Rumah Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 22 Juli 2024
Diposting : 25 July 2016 12:37
I Made Darna - Bali Tribune
kebakaran
Petugas Damkar Badung memadamkan api yang membkar rumah Jero Mangku Ketut Suaka di Banjar Belulang, Kapal, Mengwi, Minggu (24/7).

Mangupura, Bali Tribune

Warga Banjar Belulang, Kelurahan Kapal, Mengwi, Badung mendadak gempar, Minggu (24/7). Pemicunya adalah kebaran hebat yang melanda sebuah rumah milik Jero Mangku Ketut Suaka di banjar tersebut.

Ganasnya ‘amukan si jago merah’ bahkan sempat membuat pemilik rumah dan petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung ketar-ketir menjinakan api.

Meskipun akhirnya api mampu dipadamkan, namun rumah berikut barang-barang berharga di dalamnya tak bisa terselamatkan. Berbagai perhiasan emas, uang kepeng, uang tunai, lontar, senjata keris serta dokumen penting termasuk alat kepemangkuan Jero Mangku Ketut Suaka juga ikut ludes dilalap api. Total kerugian materiil saja ditafsir mencapai Rp600 juta. Beruntung pemilik rumah selamat dari peristiwa ini. Hanya saja Ni Putu Era Wati (65) yang tak lain istri Jro Mangku Ketut Suaka harus dilarikan ke RSUD Mangusada Badung lantaran syok.

Menurut kerabat korban, Putu Gede Suka Brata, tak ada yang tahu sumber api berasal. Sebab, saat kejadian Jero Mangku Ketut Suaka sedang tidak ada di rumah, sementara Jero Mangku Istri saat itu sedang tidur di bangunan yang terbakar tersebut. “Jero mangku istri lagi tidur (di Bale Dangin itu,-red). Beruntung cepat dibangunkan. Dan Jero istri sempat syok dan dibawa ke RSUD Badung,” ujarnya.

Dari kejadian itu tidak ada barang yang bisa diselamatkan. Termasuk semua alat kepemangkuan Jero Mangku Ketut Suaka juga ikut ludes terbakar. Sedikitnya ada 7 buah bajera dan sejumlah bidang keris ikut terbakar.

Meski penyebab kebakaran masih misteri, namun ‪Suka Brata menyebut di kamar suci selalu ngaturang banten. “Apa karena dupa atau lilin juga belum tahu, instalasi listrik juga baru diganti tiga bulan lalu. Rasanya sih bukan dari listrik,” bebernya menduga.

Kepala BPBD Badung, I Nyoman Wijaya didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik AA Rai Adnyana ketika dikonfirmasi membenarkan telah terjadi kebakaran di Banjar Belulang, Desa Kapal Mengwi. Dijelaskan kebakaran yang menimpa rumah milik Jero Mangku Ketut Suaka terjadi Minggu (24/7) sekitar pukul 13.20 Wita, yang terbakar adalah sebuah bangunan bale ukuran 6x8 meter persegi berikut harta benda di dalamnya.

Sebanyak lima unit mobil Pemadan Kebakaran (damkar) dibantu Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Badung, PMI dan masyarakat dikerahkan untuk memadamkan api. Api akhirnya berhasil dipadamkan 60 menit setelah kejadian yakni tepatnya pukul 14.00 Wita. “Yang terbakar sebuah rumah berikut harta benda di dalamnya. Total kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah,” ujarnya.

Hingga Minggu petang, belum diketahui penyebab kebakaran. Tim dari kepolisian juga masih terus melakukan penyelidikan. “Untuk penyebab pasti kebaran saat ini masih diselidiki oleh aparat kepolisian,” ucap Wijaya.