Rutan Negara Digeledah, Napi dan Pegawai Dites Urine | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 25 Juni 2024
Diposting : 24 May 2023 03:57
PAM - Bali Tribune
Bali Tribune / GELEDAH- Petugas gabungan kembali melakukan penggeledahan terhadap blok hunian dan seluruh WBP di Rutan Kelas II B Negara, Selasa (23/5).

balitribune.co.id | Negara - Penggeledahan kembali dilakukan terhadap Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Negara. Penggeledahan seluruh blok hunian Rutan yang berlokasi di Lingkungan/Kelurahan Baler Bale Agung kecamatan Negara ini disisir secara deiat oleh Tim Gabungan, Selasa (23/5).

Selain penggeledahan, juga dilakukan test urine. Selain menyasar penghuni Rutan, test narkoba ini juga diikuti oleh pegawai Rutan.

Petugas Gabungan dari personil Kepolisian, TNI, dan Badan Nakortika Kabupaten (BNK) Jembrana tersebut juga memeriksa satu per satu warga binaan pemasyarakatan (WBP) di setiap blok hunian.

Tim Gabungan berhasil mendapati adanya sejumlah barang terlarang. Barang yang seharusnya tidak berada di dalam blok hunian tersebut berupa pecahan kaca, senjata tajam seperti pisau dan alat cukur, serta sendok besi dan paku.

Penggeledahan ini dilakukan setelah Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Dirjen PAS Kemenkum HAM) menerbitkan Surat Edaran nomor Pas-PK.08.05-741 tanggal 2 Mei 2023.

"Kegiatan ini melibatkan Aparat Penegak Hukum (APH). Ini  merupakan respon terhadap adanya pengaduan yang marak terkait peredaran narkoba, penipuan online, pungli, dan hal lainnya di lingkungan UPT Pemasyarakatan, termasuk di Rutan Kelas II B Negara,” ujar Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Lilik Subagiyono.

Menurutnya penggeledaha ini bertujuan untuk mengamankan berbagai jenis barang terlarang dan berbahaya yang ditemukan di dalam blok hunian.

"Seluruh WBP, baik pria maupun wanita, di seluruh blok hunian Rutan diperiksa secara menyeluruh," jelasnya.

Ia mengakui dari hasil penggeledahan masih ditemukan barang-barang terlarang dan berbahaya, baik di blok hunian maupun area open camp. Ia memastikan pemeriksaan secara detail dan menyeluruh. Seluruh blok juga menurutnya sudah disisir, termasuk blok wanita.

Selain sterilisasi ruangan, ia juga memastikan seluruh warga binaan telah menjalani penggeledahan badan,

"Barang-barang yang telah disita akan dimusnahkan, dan WBP yang terbukti memiliki barang terlarang tersebut akan dikenai sanksi sesuai dengan tata tertib yang berlaku," tegasnya. Selain penggeledahan tes urine juga dilakukan terhadap WBP dan pegawai Rutan Negara. Dari 25 orang yang menjalani tes baik dari WBP maupun pegawai, dipastikannya hasilnya semua negatif terhadap indikator napza.