Sanggar Seni Santhi Budaya Promosi International di Korea Selatan | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 22 Juli 2024
Diposting : 30 July 2023 21:16
CHA - Bali Tribune
Bali Tribune / PROMOSI - Sanggar SSB Buleleng akan tampil promosi budaya di 22nd Gangneung International Junior Art Festival di Korea Selatan.

balitribune.co.id | Singaraja - Sanggar Seni Santhi Budaya Buleleng kembali akan unjuk kebolehan melalui ajang promosi budaya Bali di 22nd Gangneung International Junior Art Festival bertempat di Korea Selatan yang diselenggarakan IOV NUIC – UNESCO pada tanggal 27-30 Juli 2023.

Pembina Sanggar Seni Santhi Budaya Singaraja I Gusti Ngurah Eka Prasetya Minggu (30/7/2023), mengatakan pada perhelatan event international kali ini sanggar yang dibentuk sejak 2005 itu menjadi wakil Indonesia untuk memperkenalkan seni dan budaya Bali Utara dengan menampilkan 13 tim kesenian anak-anak serta remaja yang juga diikuti oleh 6 negara lainnya seperti Thailand, Korea Selatan, Taiwan, Jepang, China dan Amerika Serikat serta banyak grup kesenian tradisi, modern dan kontemporer dari seluruh Korea.

Menurutnya, ajang ini tidak semata untuk mengikuti acara persahabatan kelas dunia, namun juga sebagai ajang mengenalkan seni budaya dan mempromosikan pariwisata khususnya Bali Utara. Jenis garapan yang dibawakan yaitu Garapan Legong Mandara Giri dan juga beberapa Tari Bali lepas lainnya. Melalui kegiatan ini, anak-anak dan remaja lintas budaya dari berbagai negara dapat bertemu, menyapa, mengenal budaya satu sama lain serta belajar dan bermain bersama yang dinaungi oleh UNESCO.

Pihaknya berharap dengan keikutsertaan Santhi Budaya ini dapat memberikan multiplier efek bagi pariwisata Bali dan Buleleng mengingat Negara Korea Selatan merupakan penyumbang Wisatawan Mancanegara (Wisman) terbesar ke-10 di Bali sehingga dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengenalkan taksu seni budaya Bali dan menjadi magnet tersendiri kepada dunia untuk datang ke Bali.