Diposting : 1 April 2020 21:34
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / Dewa Made Indra

balitribune.co.id | Denpasar - Satgas Penanggulangan Virus Corona (Covid-19) Provinsi Bali menyampaikan hari ini, Rabu (1/4) terdapat 6 kasus baru di Pulau Dewata. Meskipun yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 trennya bertambah, namun sejumlah pasien dinyatakan sembuh dan negatif terinfeksi wabah global itu. Demikian disampaikan Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra di Denpasar.

Dia menjelaskan, jumlah kumulatif pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Bali sebanyak 157 orang. "Hari ini ada penambahan kasus PDP sebanyak 2 orang. Dari 157 orang telah diambil sampel 136 orang. Dengan rincian 111 orang dinyatakan negatif dan 25 orang positif. Hari ini ada penambahan 6 orang positif Covid-19," jelas Dewa Indra.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali ini menyampaikan kabar baik, karena pasien yang terinfeksi Covid-19 dinyatakan sembuh sebanyak 6 orang dan dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing. "Sampai hari ini jumlah kumulatif PDP yang sembuh sebanyak 10 orang diantaranya 2 orang warga negara asing (WNA) dan 8 orang warga negara Indonesia (WNI)," sebutnya. 

Dia menegaskan, adanya PDP yang sembuh tersebut menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan bahwa Covid-19 bisa disembuhkan dengan cara disiplin menjaga kesehatan dan mengikuti karantina. "Itu adalah kuncinya," cetus Dewa Indra. 

Lebih lanjut dia memaparkan, meskipun hari ini ada penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 6 orang, pada saat yang sama juga ada 6 orang yang terinfeksi dinyatakan sembuh. "Dari 6 orang yang sembuh hari ini ada 2 orang dari 6 orang yang positif yang saya laporkan tadi," katanya. 

Dia menegaskan, sesungguhnya yang positif hari ini 6 orang, tapi dinyatakan sembuh 2 orang sehingga yang positif tinggal 4 orang. Kenapa baru sekarang diumumkan bersamaan antara yang positif dan sembuh? "Karena, dia (yang positif dinyatakan sembuh) dirawat di rumah sakit meskipun positif, tapi fisiknya sehat. Setelah beberapa hari dirawat baru keluar hasil laboratoriumnya dinyatakan positif tapi disaat yang sama karena kondisi fisiknya sehat dilakukan uji laboratorium 2 kali berturut-turut hasilnya negatif," beber Dewa Indra.