Satu dari Tiga Turis yang Dirawat di RSUP Sanglah Dinyatakan Negatif Virus Corona | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 25 November 2020
Diposting : 24 January 2020 17:05
Valdi S. Ginta - Bali Tribune
Bali Tribune/ilustrasi
balitribune.co.id | DenpasarSatu dari tiga Pasien yang dirawat di ruang isolasi RSUP Sanglah dinyatakan negatif terjangkit virus Corona. Ini setelah pihak RSUP Sanglah menerima hasil tes kesehatan dari Balai Kesehatan Kemenkes RI. Hasil negatif itu ditemukan dari turis asing asal Meksiko. 
 
“Yang satu hasilnya negatif direncanakan akan dipulangkan oleh dokternya yang merawat. Diizinkan rawat jalan. Yang negatif yang Meksiko,” kata  Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah dr I Ketut Sudartana kepada wartawan pada Jumat (24/1).
 
Menurut Sudartana, dengan hasil tes yang negatif tersebut, turis asal Mesiko yang mulai dirawat pada Rabu (22/1) kemarin, hanya mengalami kelelahan karena sudah melakukan perjalanan jauh mulai dari ke China, Filipina dan DKI Jakarta. "Dia demam biasa. Mungkin capek karena perjalanan jauh, ” kata dia.
 
Sudartana menceritakan, bahwa pada saat pasien masuk pertama kali ke RSUP Sanglah dalam kondisi flu dan batuk. Suhu tubuhnya terdeteksi sekitar 38,5 derajat Celcius. Lalu, pihaknya langsung merawat pasien tersebut ini di ruang isolasi RSUP Sanglah. Selama dalam perawatan medis di RSUP Sanglah turis ini mendapatkan obat penurunan demam atau flu. 
 
Sementara itu, hasil tes kesehatan terhadap dua turis asal China yang masih berumur antara 5 dan 6 tahun belum keluar. Kedua bocah ini masih dirawat di ruang isolasi RSUP Sanglah.
 
“Yang dua lagi masih menunggu hasil labnya. Masih di isolasi, sampai nanti ada hasilnya itu. Kondisinya baik-baik saja. Suhu tubuh 37,5 derajat Celcius dan masih mengeluh pilek dan batuk saja sedikit-sedikit,” kata dia.