Scouts Association of New Caledonia Studi Banding ke Bali | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 21 September 2020
Diposting : 11 February 2020 00:50
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/PRAMUKA – Foto bersama anggota pramuka Bali dengan Asosiasi Pramuka New Caledonia (Scouts Association of New Caledonia), Minggu (9/2/2020).
Balitribune.co.id | Denpasar - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin menerima kedatangan rombongan Asosiasi Pramuka New Caledonia (Scouts Association of New Caledonia) yang dipimpin Michel Reverce, ketika berkunjung di Kantor Kwartir Daerah Bali, Minggu (9/2).
 
”Ini suatu kebanggaan bagi Kwarda Bali dijadikan tujuan studi banding oleh anggota Pramuka dari negara bagian Prancis atau Scouts Association of New Caledonia,” kata Rentin, seraya berharap kunjungan ini dapat menjalin kerja sama di bidang kepramukaan yang ada di Kwarda Bali dan Scouts Association of New Caledonia.
 
Menurut Michel Reverce, kunjungan ini sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana gerakan Pramuka di Bali. Sedikitnya ada 5.000 populasi dari masyarakat New Caledonia merupakan penduduk asli Indonesia yang datang pada zaman kolonialisme dan kemudian menetap di sana. 
 
"Kami tidak memiliki banyak anggota Pramuka, karena (di New Caledonia) tidak diwajibkan di sekolah, seperti halnya di Indonesia. Pramuka merupakan kegiatan pilihan seperti layaknya kegiatan olahraga di sekolah," kata Michel.
 
Sebelum berkunjung ke Indonesia, rombongan ini telah mempelajari terlebih dahulu pengetahuan tentang Indonesia sejak April 2019 dalam setiap pertemuan rutin mereka. Turut dipelajari tentang budaya, kondisi geografis, ekonomi, pemerintah, keluarga kerajaan, agama, hingga bahasa, bahkan di akhir pertemuan, mereka selalu mengadakan evaluasi untuk menguji kemampuan.
 
"Saya membawa rombongan dari New Caledonia yang berjumlah 33 orang anggota Pramuka dan akan berada di Bali selama 4 hari kedepan. Kunjungan ini merupakan yang pertama kali dalam kegiatan kepramukaan dengan tujuan tukar pengalaman, wisata, dan pengenalan budaya," jelas Michel Reverce.
 
Bali itu katanya, sangat indah dan mengesankan, apalagi bisa bertemu langsung dengan Made Rentin, selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali beserta sejumlah anggota Pramuka lainnya. "Dengan sambutan yang sangat meriah ini, semoga persahabatan tersebut tidak berakhir sampai disini saja. Mungkin ada kegiatan lain berikutnya, sehingga kita bisa saling bertatap muka atau bertemu kembali," harap Michel Reverce, sembari mengapresiasi keberadaan Pramuka Bali yang sangat baik, luar biasa dan sangat emosial dalam menyambut kedatangan rombongan Scouts Association of New Caledonia.