Sejumlah Maskapai Tambah Rute, Wisatawan Domestik Semakin Mudah ke Bali | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 15 April 2024
Diposting : 14 January 2024 19:35
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / Handy Heryudhitiawan

balitribune.co.id | BadungSejumlah maskapai saat ini melayani rute langsung Denpasar (Bali)-Makassar (Sulawesi Selatan). Diantaranya Batik Air, Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air dan akan disusul Super Air Jet. “Artinya adalah permintaan pengguna jasa cukup tinggi, yang sekaligus akan turut menambah jumlah catatan trafik yang kami layani di tahun ini,” ujar Handy Heryudhitiawan, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dalam siaran persnya, Sabtu (13/1).

Ia mengungkapkan, dari catatan trafik penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Makassar merupakan salah satu rute domestik tersibuk pada Desember 2023, yang berada di peringkat ketiga dengan jumlah penumpang 48.879. Di peringkat pertama rute Jakarta dengan 486.080 penumpang serta peringkat kedua rute Surabaya 142.781 penumpang.

Kedepannya Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan terus memberikan dukungan bagi penerbangan perdana ataupun reaktivasi penerbangan serta mendorong maskapai untuk dapat memanfaatkan slot-slot penerbangan yang masih tersedia. “Saat ini kami tengah melakukan koordinasi kepada maskapai agar dapat mendukung pemenuhan rute strategis di Bandara International I Gusti Ngurah Rai dengan tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan,” jelasnya.

Disampaikan, saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melayani sebanyak 20 rute domestik yang dilayani 11 maskapai. "Selain rute Makassar, di Januari akan ada tambahan rute baru ke Lampung dan penambahan frekuensi penerbangan ke Balikpapan. Sementara itu, untuk rute internasional yang dilayani adalah sebanyak 36 rute dengan 37 maskapai penerbangan. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai memperkirakan dapat melayani 23,6 juta penumpang di tahun 2024," beber Handy.

Seperti diketahui, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menutup tahun 2023 dengan catatan pelayanan kepada 21,4 juta penumpang atau meningkat hingga 71 persen dibanding jumlah penumpang tahun sebelumnya. Kini di awal tahun, pengelola bandara menerima tambahan frekuensi penerbangan dari dan ke Makassar yang terbang langsung setiap hari. Kehadiran tambahan frekuensi yang menghubungkan Pulau Bali dan Sulawesi ini diharapkan dapat melengkapi kebutuhan masyarakat dengan beragam pilihan jam keberangkatan dari beberapa perusahaan pengangkut atau maskapai.