Selama Nataru, Penumpang di Pelabuhan Sanur Meningkat | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 19 Oktober 2021
Diposting : 4 January 2021 05:31
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/ kunjungan Irjen Kemenhub RI Gede Pasek Suardika di Pelabuhan Sanur Sabtu (2/1)
Balitribune.co.id | Denpasar - Selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) jumlah keberangkatan dan kedatangan di Pelabuhan Sanur mengalami peningkatan.  Pada malam tahun baru (31/12), misalnya, jumlah keberangkatan sebanyak 2.060 orang dengan jumlah kapal yang beroperasi 35 fast boat. 
 
Peningkatan volume penyebrangan melalui Pelabuhan Sanur membuat Dinas Perhubungan Kota Denpasar bersama Tim Terpadu melakukan pengawasan secara ketat di titik Posko Terpadu Pelabuhan Sanur. 
Tim terpadu ini terdiri dari Satpol PP, Dinas Kesehatan Kota Denpasar KSOP Benoa melalui Wiker Sanur, Polairud Sanur, Polsek Densel, Koramil Denpasar Selatan serta jajaran BUPDA Unit  pesisir Sanur.
 
Ramainya penyeberangan di pelabuhan Sanur juga membuat Irjen Kemenhub RI  Gede Pasek Suardika menyempatkan diri berkunjung ke Pelabuhan Sanur. 
 
Dalam  kunjungannya  ke Sanur Gede Pasek juga meninjau progres pembangunan  Sanur   serta memonitor kondisi Lapangan dan Posko Terpadu  terkait Protokol Kesehatan di simpul-simpul transportasi. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Kadis Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan Sabtu (2/1). 
 
Dalam kesempatan itu  Pasek Suardika mengatakan, volume penyeberangan di Pelabuhan Sanur semakin meningkat. Karenanya, tandasnya, pembangunan Pelabuhan Sanur memang sangat tepat dilakukan untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan penumpang. 
 
Untuk memperlancar perencanaan dan operasional pembangunan Sanur Pasek Suardika mengharapkan agar ada sinergi Tan fan koordinasi yang intens antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta stakeholder yang terkait. Dengan langkah, kata Pasek, maka akan mempercepat proses pembangunan.
 
Kadis Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan mengaku siap  melakukan sinergitas dan koordinasi dengan stakeholder terkait sehingga proses pembangunan Sanur bisa berjalan lancar sesuai dengan target. 
 
Sedangkan terkait dengan protokol kesehatan pihaknya meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yakni selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan yang telah disiapkan di Pelabuhan Sanur.
 
Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Denpasar juga memberikan pelayanan rapid test sampling terhadap penumpang maupun petugas pelabuhan. “Dengan langkah tersebut sampai detik ini belum ditemukan orang yang melakukan pelanggaran,” ungkap Sriawan. 
 
Sriawan menambahkan,Tim Posko Terpadu keberadaannya juga untuk membantu  para operator kapal agar tetap bisa melayani penumpang saat liburan sehingga penumpang bisa diiingatkan untuk protokol kesehatan. 
 
"Kita Dishub Kota Senpasar merasa perlu memotivasi para operator fast boat untuk tetap bersabar dan terus ikuti anjuran pemerintah maupun pemerintah daerah tentang prokes sehingga secara bersama mampu mewujudkan pelayanan pelabuhan yang aman nyaman sehat dan selama," ungkapnya.