Semangati Peserta UNAR | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 25 Juni 2022
Diposting : 26 May 2022 21:52
SUG - Bali Tribune
Bali Tribune/ BUKA - Wabup Made Kasta buka ujian amatir radio di Nusa Penida.

balitribune.co.id | Semarapura - Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta membuka Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) tahun 2022, di Aula SMA Negeri 1 Nusa Penida, Kamis (26/5/22). UNAR non reguler tahap 1 yang diselenggarakan oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1 Denpasar bersama ORARI Lokal Klungkung ini dilaksanakan dengan berbasis CAT (Computer Assisted Test).

Pelaksanaan UNAR ini disambut antusias oleh masyarakat Klungkung, terdaftar sebanyak 77 peserta tingkat siaga dari berbagai kalangan umur yang siap untuk mengikuti UNAR tahap 1 hari ini. Dalam laporannya, Ketua Panitia Suparja menyampaikan bahwa peserta UNAR hari ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat Klungkung saja, sebagian peserta juga ada yang berasal dari Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Tabanan.

Wabup Kasta dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran Amatir Radio ini sangat penting dalam membantu pemerintah untuk penyebaran informasi di masyarakat, terutama dalam keadaan genting dan mendesak seperti penyebaran informasi ketika terjadinya bencana alam. Melalui ujian ini Wabup Kasta berharap seluruh peserta dapat mengikuti ujian dengan baik dan dapat lulus semua.

Dengan dibukanya UNAR Tahun 2022 Nusa Penida ini, Wabup Kasta berpesan agar nantinya dalam penggunaan Amatir Radio menggunakan bahasa yang sopan dan santun serta mengutamakan etika berbicara dalam penggunaan radio, karena ibaratnya satu orang yang berbicara seribu orang yang akan nanti mendengar. Acara ini turut dihadiri oleh Ketua ORARI Lokal Klungkung (I Gede Eka Sumayana Putra), peserta UNAR, dan undangan terkait.