Setahun Kepemimpinan Sedana Arta dan Wayan Diar, Sejumlah Program Terlaksana | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 30 Juni 2022
Diposting : 1 March 2022 00:44
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune/ SEMBAHYANG - Bupati Sedana Arta bersama Wabup I Wayan Diar persembahyangan di Pura Kehen, Kelurahan Cempaga, Bangli.

balitribune.co.id | Bangli - Sang Nyoman Sedana Arta dan Wayan Diar genap setahun menjabat Bupati dan Wakil Bupati Bangli. Dalam kurun waktu setahun beberapa program telah terlaksana. Peringatan setahun kepemimpinan Bupati Sedana Arta dan Wabup Wayan Diar dilaksanakan sembahyang bersama di Pura Kehen, di Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli, Sabtu (26/2).

Persembahyangan yang dipuput Jro Gede Kehen diikuti pimpinan OPD di Pemkab Bangli. Bupati Sedana Arta mengatakan telah disusun rencana pembangun jangka menengah Kabupaten Bangli. Setahun ini beberapa program telah berjalan. Diawal kepemimpinan Bupati Sedana Arta dan Wabup Wayan Diar telah dilaunching layanan tim reaksi cepat 24 jam. Dengan adanya layanan ini pemerintah hadir di tengah masyarakat. "Selama berjalan ribuan pengaduan masyakarat diterima. Pengaduan tersebut telah ditindaklanjuti oleh OPD atau instansi terkait," ungkapnya.

Selain itu telah ditetapkan pula maskot Kabupaten Bangli yakni Pucuk Bang dalam peraturan daerah (Perda). Tidak hanya maskot, diciptakan pula lagu, tabuh dan tari pucuk bang. Kemudian untuk tabuh menggunakan gong gede dan Bangli juga sebagai pemilik gong gede terbanyak di Bali. Berikutnya pada tahun 2021 dilakukan pembangunan infrastruktur yang besar seperti Alun-alun Kota Bangli, gedung DPRD Bangli, gedung BMB.

Sementara itu program besar tahun ini salah satunya pembangunan gedung RSU Bangli. Lanjut Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini, untuk RSU Bangli rencananya akan dibangun 5-6 gedung utama. Tahun ini baru 2 gedung yang digarap dan anggaran Rp 71 miliar. Dengan peningkatan infrastruktur ini diharapkan mampu memberikan layanan lebih baik bagi masyarakat. Diakui jika RSU Bangli mampu surplus Rp 42 miliar pada 2021 lalu. Ditegaskan pula jika pembangunan tidak hanya di wilayah kota namun merata di seluruh desa. Pemkab mengalokasikan dana ke desa dan kelurahan. "Alokasi dana desa mencapai Rp 80 miliar," ujarnya.

Bupati Sedana Arta juga menyebutkan program terbaru memberikan bantuan bagi pelaksanaan ngaben massal. Yang mana per sawa (jenasah) diberikan bantuan sebesar Rp 1 juta. Teranyar bantuan disalurkan ke Desa Adat Pengotan sebesar Rp 121 juta. Pemerintah berkomitmen untuk ikut dalam kegiatan gotong royong  di masyarakat.

Pihaknya meminta OPD di Bangli untuk melakukan terobosan, membuat inovasi baru dan keluar dari zona nyaman. Menurutnya kabupaten lain selama ini berlari untuk bisa mengejar ketertinggalan Bangli juga harus melakukan lompatan-lompatan inovasi.

Pihaknya harapkan dukungan seluruh pihak untuk pembangunan Bangli. Seluruh pihak bahu-membahu untuk kemajuan Bangli. "Setahun kepemimpinan ini tentu belum bisa menjawab seluruh kebutuhan. Kami harapkan dukungan seluruh pihak untuk mewujudkan tujuan bersama untuk kemajuan Bangli," imbuhnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler