Siaga Bencana, Tingkatkan Kemampuan Personel BPBD | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 3 May 2016 16:57
Ketut Sugiana - Bali Tribune
PELATIHAN - Wabup Made Kasta membuka pelatihan penanggulangan bencana.

 Semarapura, Bali Tribune

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta Membuka Pelatihan Penanggulangan Bencana Kabupaten Klungkung tahun 2016 di SKB Banjarangkan Klungkung, didampingi Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung Dewa Gede Wisastra, Ketua panitia I Made Syantara, Senin (2/5).

I Made Syantara selaku Ketua Panitia penyelenggara mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan daerah dalam penanggulangan bencana dengan meningkatkan koordinasi antar steak holder di Kabupaten Klungkung. Pelatihan ini diselenggarakan selama 3 hari mulai dari tanggal 2-4 Mei 2016 mendatang, dengan narasumber dari BMKG wilayah III Denpasar. Pelatihan ini diikuti 33 orang peserta yang terdiri dari tim gabungan dinas kesehatan, Dinas Sosial,Damkar,RSU lokasi, PMR dan Pramuka.

Wabup Kasta dalam sambutannya menyatakan bahwa penanggulangan bencana wajib mendapatkan penanganan prioritas baik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Klungkung untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam menjamin perlindungan keamanan bagi masyarakat, mulai tahun 2015 telah membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kabupaten Klungkung yang memiliki wilayah kepulauan sangat rentan terhadap terjadinya bencana, seperti tsunami, kebakaran, banjir, gelombang ekstrim/abrasi, gempa bumi dan kekeringan. Salah satu upaya peningkatan kesiapsiagaan yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan personel yang bertugas dalam penanggulangan bencana.  Wabup Kasta  berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan baik dan serius.

Hukum & Kriminal

Terpopuler