Sidak Sejumlah Proyek, Dewan Klungkung Minta agar Rekanan Jaga Kualitas Proyek | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 27 Oktober 2020
Diposting : 21 September 2020 07:17
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ PROYEK - Komisi II DPRD Klungkung saat sidak sejumlah proyek di Klungkung.
Balitribune.co.id | Semarapura - Komisi II DPRD Kabupaten Klungkung yang dipimpin Ketuanya  I Wayan Misna, Jumat (18/9), melaksanakan sidak dan monitoring sejumlah proyek saluran irigasi di wilayah Klungkung daratan dalam hal ini berkaitan dengan rehabilitasi pembangunan jaringan irigasi daerah irigasi (DI) yang berada di Desa Aan, Banjarangkan. 
 
Dari 5 proyek DI yang ada dikabupaten klungkung diantaranya, yakni DI Nyanglan, Aan Dauh Desa, Aan Dangin Desa, Jero Kuta Kawan dan Lemek (belakang rumah sakit). Dalam pengerjaan kelima proyek tersebut menggunakan DAK. Untuk proyek  DI Aan Dauh Desa, proyek  rehabilitasi dilakukan sepanjang 715 meter, yang mengairi sekitar 39 hektare sawah. Dengan progress per-hari ini (18/9) rencana 6,249%, realisasi 10,192%, maju +3,943%. Meskipun progress maju, agar tetap memperhatikan kualitas. Seperti yang didapati di lapangan kualitas bahan yang dipergunakan yakni lantai yang sudah mulai tergerus oleh air, serta lubang-lubang yang ada ditiap senderan.
 
Ketua Komisi II I Wayan Misna mengingatkan kepada pelaksana proyek apabila terjadi hambatan/keterlambatan dalam proses penyelesaian agar segera diadakan langkah-langkah sehingga tidak ada proyek yang penyelesaiannya tidak tepat waktu namun dengan kualitas yang baik. Mengingat dari pantauan kami dilapangan, saluran irigasi tersebut selain sebagai pengairan tiap sawah tapi banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mandi maupun mencuci pakaian.
 
"Kami sebagai penyambung lidah masyarakat sudah seharusnya untuk turun kelapangan guna mengawasi pembangunan yang ada. Karena hal tersebut merupakan tindaklanjut atas laporan dari masyarakat. Meskipun progres proyek maju kami tidak ingin hal tersebut mempengaruhi kualitas bahan, kami harapkan agar tetap memperhatikan kualitas bukan sekedar mengejar waktu," ujar Wayan Misna mewarning rekanan.
 
Di tempat yang berbeda, yakni DI  Aan Dangin Desa didapati bahan-bahan sudah tersedia namun belum digarap, disamping hal tersebut papan proyek belum dipasang saran kami agar papan proyek tersebut dapat segera didirikan mengingat hal tersebut berfungsi juga sebagai pemberitahuan pada masyarakat yang hendak memanfaatkan DI Aan Dangin Desa, mengingat seharusnya proyek sudah dapat dikerjakan per (5/9) lalu.